Berita SMK PP Negeri Sembawa

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, SMK PP Negeri Sembawa Gelar Workhsop Pengembangan Teaching Factory

Sebanyak 25 Peserta Workshop SMK PP Negeri Sembawa memulai kegiatan workshop Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Tahun Pelajaran

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, SMK PP Negeri Sembawa Gelar Workhsop Pengembangan Teaching Factory
ISTIMEWA
Sebanyak 25 Peserta Workshop SMK PP Negeri Sembawa memulai kegiatan workshop Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Tahun Pelajaran 

TRIBUNSUMSEL.COM - Sebanyak 25 Peserta Workshop SMK PP Negeri Sembawa memulai kegiatan workshop Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dilaksanakan selama empat hari mulai, Senin (15/7).

Kegiatan workshop dilakukan di ruang pertemuan Hotel Arinas, Bandar Lampung. Kegiatan workshop diisi oleh Eko Erwanto, SP. MM dari SMK SM Teknologi Industri, Bandar Lampung sebagai narasumber serta Drs. Nazarudin, MM selaku pengawas SMK Provinsi Sumatera Selatan.

Kedua narasumber menyampaikan beberapa materi, salah satunya terkait masalah Teaching Factory dan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Teaching Factory (TEFA) adalah pembelajaran yang berorientasi produksi dan bisnis. Pembelajaran melalui TEFA adalah proses penguasaan keahlian atau keterampilan yang dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar bekerja yang sesungguhnya untuk menghasilkan produk atau jasa yang dipesan oleh konsumen.

Di dalam kegiatan workshop dilakukan pemaparan perencanaan dari masing-masing program studi yaitu Anita Andri Yanti, MP, Kasmawati, SP, Erni Prabawati MP dan Siwi Purwati, M.Pd, mengenai rencana TEFA yang akan dikembangkan nanti.

SMK PP Negeri Sembawa memiliki empat program studi, program studi Agribisnis Tanaman Perkebunan akan mengembangkan TEFA pada komiditi kelapa sawit sesuai dengan standar perusahaan, program studi Agribisnis Tanamanan Pangan dan Hortikultura akan lebih fokus pada pengembangan jagung manis, Program studi Agribisnis Ternak Unggas melaksanakan pembelajaran TEFA dengan menggandeng perusahaan peternakan dalam budidaya ayam pedaging dan ayam petelur, sedangkan untuk Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian telah melaksanakan dan terus mengembangkan dalam bidang pembuatan susu kedelai, olahan selai buah, olahan roti dan lainnya.

Di akhir kegiatan seluruh peserta melakukan kunjungan ke salah satu penangkar bibit kopi dan alpukat yang telah tersertifikasi oleh balai pengawasan dan sertifikasi benih Provinsi Lampung, Mustofa sebagai pemilik berbagi ilmu tentang bisnis yang telah beliau kembangkan kepada peserta workshop. Estri Rahajeng, S. TP, M.Sc selaku Ketua panitia atau wakil kepala sekolah bidang pengajaran mengharapkan output dari kegiatan ini adalah TEFA dapat diterapkan di SMKPP Negeri Sembawa sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan kedepannya.

Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved