Ini Keuntungan Jika Para Pelaku Usaha di Palembang Memiliki Surat Izin Usaha

Pemerintah Kota Palembang terus mendorong kepada para pelaku usaha kecil dan menengah yang ada di kota Palembang untuk memiliki surat izin usaha.

Ini Keuntungan Jika Para Pelaku Usaha di Palembang Memiliki Surat Izin Usaha
SRI HIDAYATUN/TRIBUNSUMSEL.COM
Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda. 

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG - Pemerintah Kota Palembang terus mendorong kepada para pelaku usaha kecil dan menengah yang ada di kota Palembang untuk memiliki surat izin usaha.

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda memastikan akan mempermudah segala urusan termasuk mengurus surat izin usaha.

"Kita gelar sosialisasi ini untuk mengajak para pelaku usaha ini untuk segera membuat surat izin usaha," jelasnya, Senin (15/7/2019) usai acara sosialisasi prosedur izin usaha industri di balai kecamatan IB I Palembang.

Finda mengatakan banyak manfaatnya kalau para pelaku usaha ini memiliki surat izin usaha. Selain sebagai legalitas usaha mereka, memiliki surat izin usaha ini juga dapat membantu para pelaku usaha untuk mendapatkan bantuan modal dari pemerintah.

"Kalau bantuan pasti yang diprioritaskan kepada usaha yang memiliki izin. Bantuan pemerintah kota Palembang yakni berupa pendampingan, pelatihan, pemberian modal hingga pemasaran," ungkap Finda.

Katanya, banyak sekali keuntungan atau manfaat yang dimiliki para pelaku usaha jika sudah memiliki izin usaha. Karena itu ia mendorong agar setelah sosialisasi ini para pelaku usaha agar mau mengurus izinnya ini.

"Kita juga tanya apa yang jadi kendala. Kalau masalah lama waktunya ini juga nanti akan kita pangkas. Dari satu minggu mengurus menjadi tiga hari kalau bisa lebih cepat," tegasnya.

Pemerintah kota Palembang juga akan membantu mempercepat dan tidak menghambat perizinan ini.

"Kalau mau membantu jangan tanggung-tanggung. Jangan sampai hanya masalah materai jadi terhambat, harus bolak-balik kesana-kesini sehingga mereka enggan melakukannya," ungkap dia.

Kata Fitri, jika hanya materai saja pemerintah kota Palembang bisa menganggarkannya. "Intinya jangan sampai membebani para pelaku usaha kecil dan menengah ini. Proses pengurusan izin juga gratis, jika ada oknum yang lakukan pungli akan kita tindak tegas," bebernya.

Ditambahkan, Plt Kepala Dinas Perindustrian Kota Palembang, M Raimon Lauri mengaku siap membantu para pelaku usaha ini untuk membuat perizinan usahanya.

"Kita terus dorong para pelaku usaha ini agar memiliki surat izin usaha karena banyak manfaat yang didapatkan salah satunya bisa mendapatkan bantuan modal dari pemerintah," jelas dia.

Saat ini ada sebanyak 2.278 pelaku usaha kecil dan menengah di kota Palembang. "Sebagian besar juga sudah banyak memiliki izin," tegasnya.

Mengurus izin ini langsung ke DPMPTSP yang ada di Jakabaring. Syaratnya, yakni seperti fotocopy KTP pemohon atau yang bersangkutan, fotocopy NPWap, foto 3x 4 sebanyak 2 lembar, fotocopy akte pendirian perusahaan dan akte perubahan, fotocopy Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan, fotocopy surat ijin gangguan, persyaratan dibuat dua rangkap.

Area lampiran

Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved