Pernikahan Dini di Ngulak

Viral Pernikahan Bocah di Ngulak, Wabup : Muba Ini Seperti Ingin Terus Mecahkan Rekor Kawin

Wakil Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi berseloroh, warganya selalu ingin membuat "rekor" dalam urusan pernikahan

Penulis: Arief Basuki Rohekan | Editor: Wawan Perdana
Tribun Sumsel/ Arief Basuki Rohekan
Wakil Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Wakil Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi berseloroh, warganya selalu ingin membuat "rekor" dalam urusan pernikahan.

Beni memberikan tanggapan demikian setelah viral pernikahan bocah berusia 14 tahun di Desa Ngulak Kecamatan Sanga Desa, Kamis (11/7/19) lalu.

Padahal beberapa waktu yang lalu juga, masyarakat Muba dikejutkan dengan rencana pernikahan 1 pria dengan 2 calon pengantin perempuan sekaligus.

"Dulu juga pernah ada di Muba, pria yang mau nikahi 2 gadis sekaligus dan sekarang viral juga di Sanga Desa."

"Sepertinya di Muba ini ingin mecahkan rekor terus soal kawin- kawin (pernikahan)," seloroh Beni disela- sela kegiatan partai di Palembang, Minggu (14/7/2019).

Viral Pernikahan Bocah SD dan SMP di Musi Banyuasin Sumsel, Suami Lakukan Ini Untuk Beri Nafkah

Menurut Beni, dalam kasus viral pernikahan dibawah umur yang terjadi di Kecamatan Sanga Desa, pihaknya sudah melakukan pendekatan persuasif.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Muba hingga Polres, sudah memberikan nasihat dan arahan jika ini keliru."

"Kita juga sudah datangi, untuk memberikan pembinaan tetapi itukan baru nikah secara adat belum resmi yang tercatat di catatan sipil," ujarnya.

Selain itu, karena ini lebih pada rencana awal untuk membina rumah tangga melalui adat istiadat, pihaknya tidak bisa secara jelas melarang, tetapi dalam hal administrasi tidak bisa.

Pernikahan Dini 2 Bocah di Ngulak Langgar Undang Undang, Pemkab dan Polres Muba Usut Kejadian Ini

"Yang jelas, kalau melanggar undang- undang tidak akan dicatat di catatan sipil. Kalau secara adat memang ada, tapi tetap juga diberi nasehat melalui KUA," jelasnya.

Sebelumnya, video pernikahan cilik antara dua pelajar berusia 14 tahun viral di media sosial.

Pernikahan itu terjadi di Kelurahan Ngulak, Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Musi Banyuasin (muba), Kamis (11/7/2019) malam.

Rusmin, Lurah Ngulak dihubungi tribunsumsel,com, Jumat (12/7/2019) membenarkan adanya pernikahan itu.

"Benar, kemarin pernikahannya, cuma mereka tidak melapor, Saya juga tahu dari media sosial," kata Rusmin.

Diketahui dua pengantin cilik itu sama-sama berusia 14 tahun. Si pengantin perempuan baru tamat SD sedangkan pengantia pria sekolah SMP.

Viral Video Pernikahan Anak SD dan SMP di Ngulak Sanga Desa Musi Banyuasin

"Semuanya masih sekolah. Saya dan camat sudah ke lokasi. Mereka memang tidak ada paksaan orangtua, memang mau menikah," tambah Rusmin.

Dari hasil kunjungan ke lokasi, Rusmin belum medapat informasi detil mengenai alasan pernikahan itu selain sama-sama cinta.

Ia menceritakan, beberapa waktu lalu orangtua pengantin pernah ke Kantor Lurah Ngulak. Tujuannya minta surat pengantar NA.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved