Berita Prabumulih

Pemkot Prabumulih Akan Remajakan Gratis 1.000 Hektare Kebun Sawit Petani, Rp 25 Juta Tiap Hektare

Pemerintah kota Prabumulih melalui Dinas Pertanian Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih mulai 2020 akan melakukan peremajaan sawit secara gratis

Pemkot Prabumulih Akan Remajakan Gratis 1.000 Hektare Kebun Sawit Petani, Rp 25 Juta Tiap Hektare
Tribunsumsel.com/Defri Irawan
ilustrasi kebun sawit 

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH-Pemerintah kota Prabumulih melalui Dinas Pertanian Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih mulai 2020 akan melakukan peremajaan sawit secara gratis untuk para petani.

Bantuan peremajaan kebun sawit gratis dari Badan Penyelenggara Peremajaan Sawit Kementerian Pertanian itu akan memberikan dana sebesar Rp 25 juta untuk setiap hektare kebun karet.

Hal itu diungkap Kepala Dinas Pertanian Prabumulih, Syamsurizal kepada sejumlah wartawan.

"Mulai 2020 kita akan melakukan peremajaan kebun karet, tahun ini kita baru melakukan sosialisasi dan prosesnya baru sampai pemantapan calon petani calon lahan (CPCL)," ungkap Syamsurizal.

Dinas Pertanian Pemkot Prabumulih sendiri menargetkan sebanyak 1000 hektare kebun sawit diremajakan, namun untuk tahap awal 2020 sebanyak 200 hektare kebun sawit diremajakan.

"Kalau plafon anggaran untuk tiap hektare Rp 25 juta dan kita siapkan sebanyak 200 hektare,"

"Jika dalam satu hektare lebih dari plafon maka petani bisa melakukan pinjaman ke bank dan difasilitasi, untuk pembayaran bisa dilakukan setelah panen," bebernya.

Lebih lanjut Syamsurizal mengaku, peremajaan sawit di kota Prabumulih akan lebih fokus ke Desa Karya Mulia.

Wilayah ini merupakan tempat perkebunan sawit terbesar di Prabumulih.

"Peremajaan ini memang sangat dinantikan petani karena memang tanaman sawit petani banyak sudah tua, petani banyak mengusulkan dan meminta agad dilakukan peremajaan sehingga bisa menghasilkan," terangnya.

Dari pendataan awal Dinas Pertanian, sekitar 200 petani sawit sementara lainnya terkendala lahan dan kepemilikan yang hanya sewa.

"Syarat bisa menerima bantuan peremajaan sawit merupakan lahan sendiri dan diajukan melalui kelompok, tidak bisa langsung diberikan. Saat ini di Prabumulih terdapat 1.100 ha lahan sawit dengan total jumlah petani sebanyak 550 orang," katanya.

Disinggung dengan dana Rp 25 juta yang disiapkan untuk tiap hektar berapa pohon akan tertanam, Syamsurizal mengaku dalam setiap hektare akan ditanam sebanyak 150 pohon sawit peremajaan.

"Bisa lebih dan bisa kurang untuk tiap hektarenya namun optimal sebanyaK 150 pohon," bebernya. 

Penulis: Edison
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved