Cara Mudah Periksa dan Ciri Ikan Masih Segar dan Aman Dikonsumsi, Tekan, Lihat Mata, dan Kenali Bau

Masyarakat terutama para ibu rumah tangga ataupun para orang tua, harus bisa mengetahui dengan baik bagaimana bentuk ikan yang masih segar dan baik

Cara Mudah Periksa dan Ciri Ikan Masih Segar dan Aman Dikonsumsi, Tekan, Lihat Mata, dan Kenali Bau
Tribun Sumsel/ Linda Trisnawati
Masyarakat terutama para ibu rumah tangga ataupun para orang tua, harus bisa mengetahui dengan baik bagaimana bentuk ikan yang masih segar dan baik di konsumsi bagi keluarganya. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Masyarakat terutama para ibu rumah tangga ataupun para orang tua, harus bisa mengetahui dengan baik bagaimana bentuk ikan yang masih segar dan baik di konsumsi bagi keluarganya.

Ikan yang segar dan baik di konsumsi bisa kita lihat dari penampakan fisik ikan.

Jika di tekan badanya dia elastis akan kembali ke bentuk semula.

Kalau yang sudah tidak segar jika di tekan badanya tidak akan kembali dan itu menandakan organ dalam tubuh ikan sudah hancur.

Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Palembang Sugeng Prayogo, memberikan contoh lain untuk ikan yang segar bisa di cium dari bau amis dari ikan itu sendiri.

Jika masih tercium bau amis yang segar maka ikan itu masih segar.

Berawal Suka Nonton dan Ngefans Artis Turki, Para Wanita di Palembang Ini Bentuk Arisan Turki

Sedangkan jika tidak lagi tercium bau amis, kemungkinan ikan itu sudah tidak segar lagi.

Bisa kita cek juga mata ikan, kalau mata ikan masih terlihat menonjol atau cembung, berarti ikan itu masih segar dan baik.

Dan juga kita bisa cek lendir dan insangnya, jika kita lihat lendir ikan masih cerah dan insang ikan masih bewarna merah berarti dalam keadaan bagus.

"Hal-hal ini yang kita ajarkan kepada masyarakat agar ikan-ikan yang di konsumsi mengandung protein yang tinggi," katanya.

Halaman
12
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved