Sirkuit MXGP di OPI Mall Tak akan Dibongkar, Akan Digunanakan untuk Kejurda dan Kejurnas Motocross

PI Mall MXGP Track yang telah menjadi saksi tempat penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Motocross Grand Prix (MXGP) of Indonesia 5-7 Juli lalu

Sirkuit MXGP di OPI Mall Tak akan Dibongkar, Akan Digunanakan untuk Kejurda dan Kejurnas Motocross
Tribun Sumsel/ M A Fajri
ADU CEPAT - Para pebalap MXGP beradu cepat pada pertandingan MXGP World Champhionship 2019 di OPI Mall Sirkuit Palembang-Banyuasin, Minggu (7/7/2019). Pertandingan ini dimenangkan oleh Tim Gajser dari Team Honda, Minggu (7/7/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - OPI Mall MXGP Track yang telah menjadi saksi tempat penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Motocross Grand Prix (MXGP) of Indonesia 5-7 Juli lalu dipastikan tak akan diratakan seperti semula.

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru mengatakan bahwa sirkuit tersebut akan digunakan untuk even lainnya khususnya Kejuaraan Daerah dan Kejuaraan Nasional. Sementara untuk MXGP tahun depan pihaknya akan membangun kembali sirkuit yang baru di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

"Sirkuit ini tidak akan dibongkar. Sirkuit ini akan dijadikan untuk tempat pelaksanaan Kejurda dan Kejurnas. Untuk MXGP akan dibuat di JSC agar lebih terintegrasi," kata Herman Deru di Hotel Whyndam Palembang, Minggu (7/7/2019).

Menurutnya sirkuit tersebut sangat cocok digunakan untuk perhelatan Kejurda dan Kerjurnas, bahkan lebih dari cocok lantaran sirkuit tersebut bekas tempat perhelatan dunia.

"Karena ini sudah sesuai dengan standar dan sudah dibuat dengan rencana yang baik dam teknis luar biasa," ujarnya.

Herman Deru menyebutkan sudah ada pertemuan antara dirinya dengan pihak hotel Whyndam yang lokasinya berdampingan dengan sirkuit. Ia mengklaim bahwa pihak hotel sama sekali tidak keberatan dengan adanya sirkuit tersebut di kawasan hotel.

"Memang itu lahan swasta, saya sudah ketemu dengan pihak hotel bahwa mereka tidak keberatan dan ini (lahan) tidak sewa . Dia juga kan berdampak ke penginapan," terang Herman Deru.

Herman Deru meminta kepada panitia penyelenggara dari Youthstream agar terus melakukan even dunia khususnya motocross di Palembang separate berkesinambungan dan menjadi even tahunan.

"Kita sangat berharap ini dilakukan secara berkesinambungan karena efek untuk masyarakat Sumsel sangat luar biasa," ungkapnya.

Dari perhelatan MXGP 2019 tersebut, Herman Deru mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Sumsel yang sudah ikut menyukseskan MXGP dengan nilai hampir sempurna.

"Hanya saja kedepan, kita memang harus mempromosikan ini ke masyarakat yang paling jauh di Sumsel, jangan hanya sekitar Palembang saja," jelasnya.

Herman Deru menilai masyarakat sangat antusias menyambut ini dengan sajian atraksi-atraksi yang luar biasa dari atlet dunia. Selain hiburan, sambung Herman Deru juga menjadi proses edukasi pemuda-pemuda yang mencintai Motocross.

"Jadi kalau mau salurkan hobi di sirkuit bukan di jalan raya," terang Herman Deru.

Penulis: Weni Wahyuny
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved