Gerak Cepat PLN Memulihkan Kelistrikan Muba

PLN bergerak cepat dalam upaya recovery dan meminimalisir dampak padam yang terjadi di daerah tersebut

Gerak Cepat PLN Memulihkan Kelistrikan Muba
Istimewa/ PLN
PLN bergerak cepat dalam upaya recovery dan meminimalisir dampak padam yang terjadi di daerah Muba 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Menindaklanjuti gangguan listrik yang terjadi di daerah Musi Banyuasin (Muba) pada Minggu (7/7/2019) sore, PLN bergerak cepat dalam upaya recovery dan meminimalisir dampak padam yang terjadi di daerah tersebut.

Berdasarkan informasi dari Manager Komunikasi PLN Unit Induk Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu Bakri, sejak hari Senin telah dilakukan upaya memanuver sebagian beban dari Gardu Induk Sekayu ke Gardu Induk Betung melalui saluran Tegangan Menengah.

"Saat ini telah berhasil dioperasikan 2 saluran dengan beban sebesar 11 MW, sehingga tinggal 9 MW lagi yang harus kita nyalakan", jelas Bakri.

Seperti diberitakan sebelumnya, dimana terjadi tower transmisi tegangan tinggi milik PLN yang roboh dengan titik gangguan terjadi pada penghantar transmisi Betung - Sekayu.

Terdapat 5 tower yang rusak yakni T96 sampai T100, dengan kondisi 2 tower roboh yaitu T98 dan T100 serta 3 tower patah bagian tengah.

Ditengarai tower roboh karena hujan deras dan angin kencang yang melanda daerah tersebut pada Minggu (07/07/19) sore.

Hasil investigasi terakhir di lapangan menduga ada bagian-bagian tower yang hilang, sehingga diindikasikan telah terjadi tindakan pencurian besi tower sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa wilayah yang terdampak gangguan listrik ini meliputi 7 kecamatan, antara lain: Lawang Wetan, Batanghari Leko, Babat Toman, Sanga Desa, Plakat Tinggi, Sungai Keruh, Jirak Jaya, Keluang dengan total beban listrik sebesar 20 MW.

Dengan beroperasinya 2 saluran tersebut, maka sebanyak 4 kecamatan telah berhasil dinyalakan, yaitu: Plakat Tinggi, Sungai Keruh, Jirak dan Keluang.

Direncanakan hari ini (Selasa, 09/07/19) akan diupayakan kembali pengoperasian saluran tegangan menengah sebanyak 2 saluran lagi dari Gardu Induk Betung, sehingga dapat mensuplai sebesar 9 MW lagi.

"Ditargetkan malam ini dapat dioperasikan 2 saluran lagi, sehingga semua daerah bisa dinyalakan. Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat semua", ungkapnya.

Selain upaya penormalan tersebut, Tim PLN juga melakukan upaya-upaya meminimalkan dampak padamnya Gardu Induk Sekayu, salah satu yang dilakukan adalah dengan mendatangkan 4 buah Genset Mobile dari Palembang dengan kapasitas sebesar 2 x 400 KVA dan 2 x 500 KVA.

Genset tersebut akan diinstall untuk mendukung operasional PDAM MUBA dan Rumah Sakit Muba, sehingga pelayanan masyarakat umum dapat tetap berjalan tanpa hambatan.

"Malam tadi genset sudah tiba di lokasi dan hari ini langsung kita install dan sambungkan, sehingga pelayanan masyarakat seperti rumah sakit dan PDAM bisa berjalan dan tidak terkendala lagi', jelas Bakri.

"Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat semua, agar proses penormalan ini dapat berjalan dengan baik dan listrik di wilayah Musi Banyuasin dapat kembali normal ", tutupnya.

Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved