Berita Prabumulih

Dana Kelurahan Tahap Pertama Prabumulih Cair, Jangan Dipakai Untuk Operasional Lurah

Setelah sempat mengendap cukup lama di kas daerah, akhirnya Pemerintah kota Prabumulih mulai membagikan dana triwulan pertama untuk puluhan kelurahan

Dana Kelurahan Tahap Pertama Prabumulih Cair, Jangan Dipakai Untuk Operasional Lurah
Tribun Sumsel/ Edison
Asisten III Pemkot Prabumulih, HM Rasyid SAg ketika menyerahkan dana kelurahan ke Lurah Cambai, Selasa (9/7/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH-Setelah sempat mengendap cukup lama di kas daerah, akhirnya Pemerintah kota Prabumulih mulai membagikan dana triwulan pertama untuk puluhan kelurahan,

Pembagian dana kelurahan dilakukan pejabat pemkot Prabumulih secara bergantian ke masing-masing kelurahan.

Adapun jumlah dana kelurahan tahap pertama yang dibagikan pemerintah untuk tiap kelurahan sekitar Rp 176 juta lebih.

Pemerintah berserta DPRD Prabumulih mewanti-wanti para Lurah agar dalam mengelola dana secara transparan dan sesuai keperluan masyarakat sehingga tidak bermasalah.

"Dana Kelurahan itu merupakan program yang dibuat pemerintah pusat dalam rangka percepatan pembangunan di tingkat paling bawah dalam hal ini kelurahan."

"Kami berharap dana itu digunakan dan dikelola dengan baik serta transparan," ungkap Ketua DPRD Prabumulih, Ahmad Palo ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (9/7/2019).

Menurut Palo, penggunaan dana hendaknya untuk pembangunan infrastruktur yang belum tersentuh dana APBD Prabumulih.

"Misal kalau ada drainase rusak tidak harus menunggu dana APBD melainkan bisa menggunakan dana kelurahan, begitu juga kalau ada jalan setapak akses masyarakat yang rusak bisa diperbaiki, jangan dipakai untuk operasional karena dana untuk itu terpisah sudah ada," bebernya.

Hot Spot di PALI Terus Bertambah, Terbanyak di Kecamatan Abab Akibat Aktivitas Membuka Lahan

Suami Hj Rusni Palo mengatakan, pihak kelurahan juga diminta agar harus berkoordinasi dengan Dinas Permukiman dan Dinas PUPR sehingga dalam pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur tidak tumpang tindih.

"Koordinasi itu sangat diperlukan sehingga dapat diketahui apakah kegiatan pembangunan itu tumpang tindih atau tidak," harapnya.

Sementara itu, Asisten III Pemkot Prabumulih, HM Rasyid SAg disela-sela penyerahan dana kelurahan berpesan supaya dana kelurahan yang diterima dapat digunakan sebaik mungkin guna kepentingan masyarakat.

Ditinggal 15 Menit, Mobil Parkir di Bawah Jembatan Ampera Palembang Hilang Dicuri

"Harapan pemerintah dana kelurahan bisa dipergunakan sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat, harus berkoordinasi, transparan dan sesuai aturan dalam penggunaannya," kata Rasyid.

Penulis: Edison
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved