Ketahui Manfaat Calon Pengantin Ikut Bimbingan Perkawinan, Tidak Harus Sesuai Domisili di KTP 

TRIBUNSUMSEL.COM,KAYUAGUNG-Bagi calon Pengantin (Catin) yang hendak menikah sebaiknya mengikuti bimbingan perkawinan (Binwin)

Ketahui Manfaat Calon Pengantin Ikut Bimbingan Perkawinan, Tidak Harus Sesuai Domisili di KTP 
Tribunsumsel.com/Khoiril
Ilustrasi Pernikahan. TRIBUNSUMSEL.COM,KAYUAGUNG-Bagi calon Pengantin (Catin) yang hendak menikah sebaiknya mengikuti bimbingan perkawinan (Binwin). 

TRIBUNSUMSEL.COM,KAYUAGUNG-Bagi calon Pengantin (Catin) yang hendak menikah sebaiknya mengikuti bimbingan perkawinan (Binwin).

Tujuan ikut bimbingan perkawinan suapay calon pengantin lebih siap mental dalam membina keluarga dan bisa menghadapi masalah dalam berumah tangga.

Bimbingan perkawinan merupakan upaya yang dapat menurunkan angka perceraian bagi suami istri masa akan datang.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Syukri melalui Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam, Ismid kepada wartawan belum lama ini menjelaskan, bimbingan perkawinan sangat penting bagi Catin.

Ini juga merupakan bagian mendukung rencana kerja pemerintah bidang pembangunan dan ketahanan keluarga menuju keluarga sakinah.

Imunisasi Tetanus (TT) dan Pemeriksaan Kesehatan Penting Bagi Calon Pengantin, Ini Alasannya

“Untuk Catin sebaiknya ikut Binwin, dengan begitu setidaknya mendapatkan ilmu Agama dalam berumah tangga, membuat Catin menjdi lebih siap dalam membina rumah tangga,” ujarnya.

Lanjut dia, untuk pelaksanaan Binwin sendiri telah dilaksanakan sebanyak 22 kali bertempat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di Kabupaten OKI.

Sedangkan sebanyak 3 kali pelaksanaan Binwin diperuntukan bagi usia perkawinan.
Dalam hal Binwin ini setiap peserta yang mengikutinya mendapatkan piagam.

Binwin sendiri, bagi Catin, sambung Ismid, tidak mesti di tempat domisi berdasarkan KTP, tetapi bisa juga di tempat lain.

Misalnya, Catin bekerja di Kota Lampung, tetapi yang bersangkutan merupakan warga Palembang.

Herman Deru Ungkap Sumsel Banyak Dapat Ilmu dari Pelaksanaan MXGP Palembang 2019 

Jadi tidak mesti mengikuti Catin di Palembang tetapi bisa ikut Binwin di Lampung saja.

Terpenting dari Catin yang mau mengikuti Binwin.

Pelaksanaan Binwin untuk petugas yang memberikan Binwin adalah bersumber dari Kemenag sendiri atau fasilitator Binwin khusus.

Dengan harapan Catin mendapatkan ilmu dan apabila telah membina rumah tangga telah ada bekal dan tidak mudah untuk mengatakan cerai bila ada masalah, dengan tujuan calon pengantin mendapat bekal upaya menuju rumah tangga sakinah mawadah dan warohmah.

Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved