Berita Palembang

Warga Miskin Palembang Belum Dapat PKH Silakan Lapor ke Kelurahaan, Akan Diajukan ke Kemensos 

Warga yang merasa kurang mampu atau miskin yang belum mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH) dipersilakan mendaftarkan diri di kelurahan

Warga Miskin Palembang Belum Dapat PKH Silakan Lapor ke Kelurahaan, Akan Diajukan ke Kemensos 
Sripo/ Mat Bodok
Foto Ilustrasi : Rumah penerima keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) akan diberi label 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Warga yang merasa kurang mampu atau miskin yang belum mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH) dipersilakan mendaftarkan diri di kelurahan.

Pendaftaran perlu dilakukan supaya data warga yang belum dapat PKH bisa diajukan oleh Dinas Sosial ke Kementerian Sosial RI.

Kabid Bantuan Sosial Dinas Sosial Kota Palembang, Azhari Romli mengatakan, warga yang merasa berhak menerima PKH tapi selama ini belum dapat silakan ajukan ke Kelurahaan.

Setelah itu Dinas Sosial akan melakukan verifikasi.

Menurut dia, pendataan atau updating data penerima PKH dilakukan, sehingga bantuan PKH dapat tepat sasaran dan sesuai dengan masyarakat yang membutuhkan.

Walikota Alpian Maskoni Jadi Barista Promosikan Kopi Pagaralam di Rakernas APEKSI 2019 di Semarang

"Kami akan tetap memverifikasi, kalau memang layak, maka data ini kita ajukan ke Kemensos untuk dapat menjadi penerima PKH tahun depan," kata Azhari, Jumat (5/7/2019) saat dihubungi.

Pihaknya melakukan verifikasi ini untuk mengetahui apakah di dalam keluarga tersebut anak sekolah, disabilitas, rumah tidak layak dan tidak mampu serta lainnya.

"Maka kita data lagi dan ajukan ke kemensos, agar data valid dan tepat sasaran," ujarnya.

Kemudian, bagi penerima PKH lama, pihaknya juga data apakah ada yang sudah tidak sesuai atau memenuhi syarat.

Sidang Komisioner KPU Palembang, Rincian TPS yang Kekurangan Surat Suara di Palembang

Salah satu upaya pemasangan stiker miskin, namun diakuinya masyarakat yang sudah tidak berhak lagi menerima PKH masih banyak juga yang tidak mau mengundurkan diri, meski ini sudah dipasang stiker miskin sekalipun.

"Yang mengundurkan diri datanya ada 200an, ada juga yang masih tidak mau, meski rumahnya sudah bagus, motor ada tiga."

"Tapi ini walaupun tak mau mundur tapi penilaiannya tetap kita lakukan, dan kemudian datanya kita berikan ke kemensos, sehingga ini juga bisa diputus dari pusat," katanya.

Dari updating data penerima PKH dari BDT (basis data terpadu) dan juga pendataan baru baik yang melalui masyarakat daftar langsung ke kelurahan, maka potensi penerima PKH tahun depan di perkirakan naik.

Info Haji: JCH Asal OKU Timur Akan Masuk Asrama Haji Perdana Besok

"Data yang baru berapapun jumlahnya akan kita kirim ke kemensos, sementara penerima lama berdasarkan BDT di perkirakan tak banyak berkurang, karena walaupun ada yang keluar dengan mengundurkan diri saja tidak terlalu signifikan, maka potensinya bertambah penerima PKH tahun depan," kata dia. (SP/ Yandi)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved