638 C1 Plano Tetap Dihitung di Empatlawang, Ini Penjelasan KPU Sumsel soal Perubahan Tempat

638 C1 Plano Tetap Dihitung di Empatlawang, Ini Penjelasan KPU Sumsel soal Perubahan Tempat

638 C1 Plano Tetap Dihitung di Empatlawang, Ini Penjelasan KPU Sumsel soal Perubahan Tempat
Tribun Sumsel/ Arief Basuki Rohekan
Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Meski akan membawa 638 lembar C1 plano (TPS) khusus DPR RI, di 5 Kecamatan yang ada di Kabupaten Empat Lawang ke Palembang, untuk dilakukan pencocokan data sesuai rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumsel memastikan pencocokan data tersebut akan dilakukan di Kabupaten Empat Lawang.

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana mengatakan, perubahan tempat tersebut berdasarkan beberapa pertimbangan pihaknya setelah mendapat petunjuk dari KPU RI dalam bentuk surat dan putusan rapat pleno pihaknya.

"Berubah (ke Empatlawang) karena ada beberapa pertimbangan, kalau dilaksanakan di Palembang bukan karena rekomendasi siapa- siapa," kata Kelly, Kamis (27/6/2019).

Beberapa pertimbangan itu dijelaskan Kelly diantaranya, komisioner KPUD Empatlawang sudah aktif kembali, saksi parpol tingkat kabupaten ada di Empatlawang, distribusi hasil buka kotak, pengamanan dan sebagainya.

"Pokoknya, kalau dilaksanakan di Empatlawang. Jadi pokoknya efektif dan efisiensi juga," capnya.

Mengenai pelaksanaan pembukaan kotak untuk mengambil form C1 plano, Kelly menerangkan hal itu akan dilaksanakan hari ini 27 Juni pukul 14.00 Wib di Kabupaten Empatlawang.

"Untuk proses penyandingan, akan dilakukan setelah pengambilan C1 plano selesai untuk 5 kecamatan, dan dilaksanakan di KPU Empatlawang langsung setelah pengambilan form c1 selesai. Mungkin dalam 2 atau 3 hari kedepan selesai proseanya, dan akan kita sampaikan hasilnya ke KPU RI," tandas Kelly.

KPU Sumsel akan melakukan pencocokan antara form C1 plano DPR diseluruh TPS dengan form DAA1 DPR di 5 Kecamatan, yaitu Muara Pinang, Pendopo, Pendopo Barat, Lintang Kanan dan Tebing Tinggi.

Sebelumnya, Bawaslu RI memutuskan KPU provinsi Sumsel dan KPU Empat Lawang, telah melakukan pelanggaran terhadap administrasi pemilu. Maka dari itu KPU diperintahkan harus memperbaikinya.

Putusan ini setelah Bawaslu RI menggelar sidang terhadap laporan dugaan pelanggaran pemilihan legislatif (pileg) tingkat DPR RI Dapil Sumsel II khususnya di Kabupaten Empat Lawang, yang dilaporkan Partai Keadilan Sejahterah (PKS), Senin (17/6) di Kantor Bawaslu RI Jakarta.

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved