Pemuda Mengajar Palembang, Ajarkan Anak Panti Asuhan dan Masyarakat Sekitar Ilmu Agama

Berawal dari sharing-sharing kecil di sela-sela jam istirahat kuliah, sekumpulan anak muda membentuk perkumpulan yang dinamakan

Pemuda Mengajar Palembang, Ajarkan Anak Panti Asuhan dan Masyarakat Sekitar Ilmu Agama
IST
Pemuda Mengajar Palembang, Ajarkan Anak Panti Asuhan dan Masyarakat Sekitar Ilmu Agama 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Berawal dari sharing-sharing kecil di sela-sela jam istirahat kuliah, sekumpulan anak muda membentuk perkumpulan yang dinamakan Pemuda Mengajar Palembang (PMP).

"Kami berniat mau menjadi manusia yang bisa bermanfaat buat semua orang. Hingga akhirnya terbentuk Pemuda Mengajar Palembang," ujar Ketua Pemuda Mengajar M. Aziz, S.H, Senin (24/6/2019).

Lebih lanjuta Aziz menceritakan, bahwa Pemuda Mengajar Palembang ini terbentuk awal mula nya Mei 2017 yang lalu pas di bangku kuliah di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Fakultas Syariah dan Hukum.

"Komunitas ini beranggotakan 15 orang yang diketuai oleh saya dan wakilnya oleh M. Miftah Muttaqien S.H. Awalnya diantara sesama kami saling mengajar yang mampu dalam mata kuliah itu," katanya,

Ia pun menjelaskan, misalnya ada yang jago bahasa Arab, bahasa Inggris, dan juga ilmu Falak yang mengajarkan dan memberikan ilmu nya kepada teman-teman lainnya yang belum mengerti.

"Ini jadi tradisi bagi kami waktu itu.
Lalu kami memutuskan buat ngajar-ngajar di Panti Asuhan dan masyarakat sekitar deket rumah. Awal mengajar kami di Panti Asuhan Bunda Nuraida, terus berlanjut ke dekat-dekat rumah kita setiap Sabtu dan Minggu sore," ceritanya.

Menurutnya kebetulan karena di panti asuhan tersebut Aziz menjabat sebagai seksi bidang keagamaan. Jadi ia pun mengajak teman-teman dari Pemuda Mengajar Palembang ini mengajar di Panti Asuhan bunda Nuraida.

Terutama dalam hal ilmu agamanya karena anak-anak panti asuhan ini kebanyakan kurang perhatian, banyak asal-asalan saja ke sekolah. Belajar nya juga kurang apalagi sekarang di era modern ini anak-anak di Sumsel ini kebanyakan mudah sakit kepala, mudah pusing serta mudah malas dalam hal untuk belajar baik ilmu umum ataupun ilmu agama.

"Jadi kami berinisiatif dan sesuai moto kami agar bisa bermanfaat bagi semua orang ya kami langsung terjun langsung lihat kendala dan kurang nya apa adek-adek kita ini," ungkapnya.

Ia pun mengatakan, kalau dulu kumpulnya di kelas Fakultas Syariah tapi sekarang karena sudah jadi alumni, maka kumpul-kumpulnya di Jalan Rimba Kemuning, Lorong Buyut RT 24 RW 02 nomor 1436 Kelurahan Ario kemuning.

"Bagi teman-teman yang mau bergabung bersama kami bisa hubungi WA di nomor 089605973623 dan SMS 083177153205. Buat berbagai ilmu dan bisa bermanfaat bagi semua orang," ajaknya.

Kepada teman-teman dermawan yang mau mendonasikan sedekah sebagain harta nya berupa uang atau sembako, bisa juga datang langsung ke Panti Asuhan Bunda Nuraida di Jalan MP Mangkunegara Sukatani 1 Kel. 8 Ilir kecamatan Ilir Timur II Palembang atau langsung ke rekening panti asuhan nya 5751-01-006467-53-1 bank BRI an. Lksa Bunda Nuraida

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved