Berita PALI

No Telepon Call Center Layanan Darurat, Warga PALI Bisa Segera Hubungi PSC

TRIBUNSUMSEL.COM, PALI-Program pemerintah pusat, Public Safety Center (PSC) merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan

No Telepon Call Center Layanan Darurat, Warga PALI Bisa Segera Hubungi PSC
Sripo/ Reigan
Kendaraan ambulans milik puskemas layanan PSC bersiaga selama 24 jam penuh di Kabupaten PALI. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALI-Program pemerintah pusat, Public Safety Center (PSC) merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan.

Program PSC bertujuan untuk membantu penanganan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan, tetapi juga dalam situasi kritis.

Khusus bagi warga Kabupaten PALI (Penukal Abab Lematang Ilir) layanan PSC dibentuk untuk membantu penanganan terhadap warga.

Dinas Kesehatan Kabupaten PALI telah punya gedung Posko sementara.

Disdik Palembang Targetkan Tahun 2022 Semua Sekolah Rusak di Palembang Telah Diperbaiki

Tim khsusus terdiri dari satu dokter, tiga perawat, satu bidan serta ambulans berikut driver yang siaga 24 jam di kawasan terminal Pasar Pendopo depan Koramil 404/03 Talang Ubi.

Koordinator PSC Kabupaten PALI, dr Zamir menjelaskan, selain di Posko, tim PSC juga sudah disebarkan di seluruh wilayah Kabupaten PALI dengan kerjasama di seluruh Puskesmas di Bumi Serapat Serasan.

Artinya untuk insiden tertentu, saat situasi darurat membutuhkan PSC, tim PSC terdekat bisa sigap mendatangi ke lokasi kejadian atau panggilan darurat pasien.

Tim dari PSC ini sigap selama 24 jam penuh dengan menghubungi layanan PSC 119 Call Center 0811 7833 119.

“Untuk pelayanan darurat PSC saat ini mempunyai Call senter yang terhubung di satelit tersendiri artinya saat menghubungi call senter di nomor yang disediakan maka akan terhubung langsung ke Dinkes dan langsung di sambungkan ke wilayah puskesmas lokasi kejadian," ungkap dr Zamir, Senin (24/6/2019).

Pendaftaran Kelas Kerjasama di Polsri, Langsung Kerja di Garuda Maintenance, Ini Syarat dan Waktunya

Menurut dia, untuk mendukung pelayanan kesehatan PSC yang maksimal, tenaga medis sendiri harus punya kompetensi tambahan dari dokter, perawat maupun bidan.

“Harus punya kompetensi tambahan seperti kompetensi di unit gawat darurat atau di situasi darurat, karena insiden kita tidak bisa tau kapan terjadinya, maka tim PSC kita di tuntut siap siaga selalu,” ujarnya. (SP/ Reigan)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved