Berita Lubuklinggau

Stok Darah PMI Kota Lubuklinggau Kosong, Kebutuhan Capai 500 Kantong Sebulan

Minimnya pendonor pasca lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Lubuklinggau kosong.

Stok Darah PMI Kota Lubuklinggau Kosong, Kebutuhan Capai 500 Kantong Sebulan
EKO HEPRONIS/TRIBUNSUMCEL.COM
Salah seorang pendonor sedang mendonorkan darahnya dalam rangka Hut Bhayangkara Polres Lubuklinggau. 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis.

 

TRIBUNSUMSEL.COM,LUBUKLINGGAU - Minimnya pendonor pasca lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Lubuklinggau kosong.

Kekosongan tersebut terjadi untuk semua jenis golongan darah.

Untuk memenuhi kebutuhan darah selama terjadi kekosongan tersebut, PMI Cabang Lubuklinggau memberlakukan donor pengganti.

Padahal kebutuhan darah untuk wilayah Lubuklinggau, Musi Rawas (Mura) dan Musi Rawas Utara (Muratara) perbulannya mencapai 450-500 kantong darah.

Ketua PMI Cabang Lubuklinggau, dr Mast Idris mengatakan sejak bulan Ramadhan lalu sampai pasca LebaranPMI Cabang Lubuklinggau melakukan jemput bola.

"Ramadhan lalu kita membuka stan donor darah di masjid Agung As Salam Lubuklinggau. Kemarin Kamis (20/6) kita jemput bola ke Polres Lubuklinggau," ungkapnya pada wartawan, Jumat (21/6/2019).

Upaya penjemputan bola donor darah ini murni untuk memenuhi kebutuhan perbulannya saja. Karena setiap hari permintaan darah mencapai 7-8 kantong.

"Kita memang memenuhi permintaan rutin saja. Alhamdulillah sekarang ada tambahan 53 kantong dari Polres cukup untuk beberapa hari kedepan," katanya.

Mast Idris menyebutkan untuk Kota Lubuklinggau sendiri kesadaran masyarakat untuk berdonor masih sangat rendah, rata-rata per hari orang yang datang untuk donor hanya 4-5 orang saja.

"Kita mengimbau kesadaran masyarakat untuk ikut sama-sama mendonor, karena bisa menolong sama-sama, tapi sekarang untuk menyiasatinya kita datang ke sekolah-sekolah untuk menyebarkan proposal untuk mintak donor darah," ujarnya.

Syarat untuk mendonorkan darah sangatlah mudah. Pendonor hanya perlu memastikan dirinya sehat secara jasmani. Untuk berat badan, laki-laki minimal 55 kg dan wanita 45 kg. Sedangkan, untuk tekanan darah harus normal.

"Yang mau mendonorkan darahnya langsung saja ke PMI," ucapnya.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved