Berita Palembang

Kembali Sosialisasikan Bingkai Kebhinekaan Menuju Kedaulatan Sriwijaya di Festival Sriwijaya 2019

Gelaran Festival Sriwijaya 2019 menghadirkan seminar dalam tema Bingkai Kebhinekaan Menuju Kedaulatan Sriwijaya yang digelar di Taman Purbakala

Kembali Sosialisasikan Bingkai Kebhinekaan Menuju Kedaulatan Sriwijaya di Festival Sriwijaya 2019
Tribunsumsel.com/Irkandi Gandi
Gelaran Festival Sriwijaya 2019 menghadirkan seminar dalam tema Bingkai Kebhinekaan Menuju Kedaulatan Sriwijaya yang digelar di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Gelaran Festival Sriwijaya 2019 menghadirkan seminar dalam tema Bingkai Kebhinekaan Menuju Kedaulatan Sriwijaya yang digelar di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS).

Seminar yang menghadirkan berbagai narasumber diantaranya Retno Purwanti dan Wahyu Rizky dari Balai Arkeolog Palembang serta akademisi Unsri Retno Susanti.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Khairul mengatakan, kerajaan yang pernah menemui masa keemasan kembali disosialisasikan kepada masyarakat, mahasiswa hingga guru sejarah.

"Kerajaan Sriwijaya ini sebagai bukti peninggalan sejarah yang harus diketahui oleh masyarakat, kemudian dalam seminar ini akan diungkap sejumlah temuan situs maupun benda purbakala," kata dia, Rabu (19/6/2019).

Ia menambahkan, seminar yang mengangkat Bingkai Kebhinekaan Menuju Kedaulatan Sriwijaya akan diungkap dalam kegiatan seminar sehari, sehingga akan bertambah lagi ilmu yang didapat para peserta.

Roy Langsung Pucat Dituntut Jakasa 11 Tahun Penjara, Kasus 8,5 Kg Sabu-sabu di Palembang

"Festival Sriwijaya merupakan event besar. Event yang mengangkat kembali kebesaran Kerajaan Sriwijaya. Pada masanya, Sriwijaya memiliki kekuasaan luas hingga Semenanjung Malaya, Thailand, dan Kamboja.

Kini kebesaran Sriwijaya ditampilkan lagi melalui warna budayanya," katanya.

Selain itu, pihaknya membuka pameran di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), menghadirkan pameran infografik negara bahari Sriwijaya.

Sejarah keberadaan Sriwijaya yang ditulis pada spanduk yang mengelilingi stand dipasang panitia untuk diketahui oleh pengunjung yang datang.

Promo Harga Tiket Murah Garuda Indonesia Palembang-Jakarta, Berlaku 3 Hari, Ini Jadwalnya

Sebanyak enam replika prasasti dari Museum Balaputra Dewa ikut dihadirkan, diantaranya prasasti telaga batu, kota kapur, talang tuo, boom baru, kedukan bukit dan arca awalokiteswara.

Pameran setiap hari dibuka selama festival berlangsung hingga 22 Juni mendatang.

Penulis: Irkandi Gandi Pratama
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved