Evaluasi Gerakan Menuju 100 Smart City Tahap I 2019, Progress Program Unggulan Terus Dipantau

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan evaluasi terhadap program "Smart City" Daerah-daerah di Indonesia yang dimulai

Evaluasi Gerakan Menuju 100 Smart City Tahap I 2019, Progress Program Unggulan Terus Dipantau
ISTIMEWA
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan evaluasi terhadap program Smart City Daerah-daerah di Indonesia. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan evaluasi terhadap program "Smart City" Daerah-daerah di Indonesia yang dimulai pada hari ini (18/6) sampai dengan 3 hari ke depan. Dalam program ini, Banyuwangi yang juga menjadi Kabupaten Smart City menjadi tuan rumah sekaligus percontohan bagu daerah lain.

Pertemuan di Banyuwangi kali ini diikuti 75 perwakilan Pemerintah Kabupaten dan Kota Smart City termasuk Kabupaten Muara Enim. Para peserta delegasi masing-masing Kota akan mendapatkan evaluasi dari 4 Tim Evaluator Kemenkominfo, dan setiap tim terdiri dari 5 anggota.

Kasubdit Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Daerah, Kemenkominfo Hasyim Gautama mengatakan, Daerah-daerah yang berlabel Smart City akan dinilai dengan berbagai indikator penilaian. antara lain Smart Branding, Smart Mobility, dan Smart Environment.

Tujuan utama mendorong setiap Daerah untuk memiliki Inovasi. Tidak harus Bidang Teknologi Informasi, Inovasi juga terbuka untuk dibangun di bidang lain," jelasnya.

Sementara itu, Ahli Utama Kemenkominfo, Heri Abdul Aziz mengatakan, Program evaluasi bukan mencari titik lemah suatu daerah, namun mendorong semangat percontohan kota atau kabupaten yang sudah berani selangkah lebih maju.

Kabupaten Muara Enim dalam evaluasi tahap pertama ini mendapat giliran pertama untuk dilakukan penilaian perkembangan Smart City di Kabupaten Muara Enim yg dikenal dengan Muara Enim Smart Regency. Diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Ardian Arifanardi, AP., M.Si. Kabupaten Muara Enim memaparkan Progress Muara Enim Smart Regency. Program unggulan yang turut dipantau pekembangannya dalam evaluasi tahap pertama ini adalah Aplikasi Mance sebagai Smart Branding, Rumah UMKMK Gerbang Serasan sebagai Smart Economy dan Aplikasi SICERDAS sebagai program unggulan dari dimensi Smart Governance.

Pada kesempatan tersebut, Ardian juga menjabarkan Program Unggulan (Quick Wins) yaitu Colorful Muara Enim 2019 sebagai The New Smart Branding dari Muara Enim Smart Regency. Event ini terdiri dari 25 agenda kegiatan yng dilaksanakn sepanjang tahun 2019. "Event ini kami adaptasi dari Kabupaten Banyuwangi yang pembelajarannya dimulai pada desember 2018 dan atas dukungan penuh Bupati Muara Enim langsung action di akhir januari 2019. Mulanya agak pesimis, tetapi begitu melihat animo masyarakat begitu antusias semangat untuk terus maju menjadi terpacu" jelasnya.

Salah satu anggota Tim Evaluator, Fitrah Rahmat Kautsar memberikan masukan untuk tidk menjadikan masterplan yang telah dibuat menjadi baku. "perubahan dan pergeseran roadmap memungkinkan untuk terjadi. Dan tidak menutup kemungkinan juga untuk dilakukan Revisi-revisi apabila terjadi perubahan program dan Inovasi-inovasi yang baru" pungkasnya.

Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved