Usai Lebaran Jumlah Calon Pengantin di Lubuklinggau Meningkat Drastis

Pasca lebaran terjadi peningkatan jumlah calon pengantin (Catin) yang akan melangsungkan pernikahan.

Usai Lebaran Jumlah Calon Pengantin di Lubuklinggau Meningkat Drastis
EKO HEPRONIS/TRIBUNSUMCEL.COM
Suasana saat panita Kemenag Lubuklinggau sebelum memberikan bimbingan perkawinan. 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis.

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Pasca lebaran terjadi peningkatan jumlah calon pengantin (Catin) yang akan melangsungkan pernikahan di Lubuklinggau.

Tercatat sebanyak 75 calon pengantin ikut serta dalam kegiatan pembukaan bimbingan perkawinan pra nikah (PN) yang dilaksanakan dikantor Kementerian Agama (Kemenag) Lubuklinggau hari ini (17/6/2019)

Kasi Binmas Islam Kemenag Lubuklinggau, Zulkifli mengatakan meningkatnya jumlah peserta ini terpaksa pelaksanaan dibagi menjadi tiga tahap atau angkatan.

"Setiap bimbingan masing-masing diikuti 25 pasang atau 50 peserta catin yang sudah terdaftar disetiap kantor urusan agama (KUA) di wilayah kecamatan di Lubuklinggau," ungkapnya pada wartawan.

Menurutnya, peningkatan dikarenakan di bulan Ramadhan lalu jumlah masyarakat yang melaksanakan atau menggelar akad nikah hanya sedikit.

"Ada tapi sedikit, kalau pun ada hanya nikah saja, kadang kosong. Jadi agak banyak karena diselingi bulan ramadan. Kalau rutinitas biasanya stabil," ujarnya.

Zulkifli menuturkan, jumlah normal atau stabilnya perbulan berjumlah 200 catin yang melaksanakan akad nikah. Sebelum menikah seluruh peserta dilakukan bimbingan perkawinan pra nikah (PN).

"Bimbingan itu diikuti peserta selama dua hari. Tujuannya yakni untuk menekan angka perceraian di Sumsel terutama di Lubuklinggau," paparnya.

Dalam bimbingan itu peserta diberi materi keagamaan maupun ekonomi. Termasuk materi kesehatan yang berkaitan dengan reporduksi untuk menjaga kesehatan calon ibu.

"Sehingga kedepan untuk membina rumah tangga tersebut, pasangan catin akan lebih tenang bisa merajut rumah tangga," paparnya.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved