Disdik Kota Palembang Bakal Keluarkan KPC, Setiap Siswa Terima Rp 350 ribu Per Enam Bulan

Maka Dinas Pendidikan(Disdik) Kota Palembang dibawah naungan Pemerintah Kota Palembang dalam waktu dekat akan membuat terobosan baru.

Disdik Kota Palembang Bakal Keluarkan KPC, Setiap Siswa Terima Rp 350 ribu Per Enam Bulan
MELISA/TRIBUNSUMSEL.COM
Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Palembang, Herman Wijaya 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -Kartu Indonesia Pintar (KIP) menjadi andalan pemerintah pusat untuk membantu pembiayaan pendidikan siswa kurang mampu untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Dana bantuan pembiayaan dari KIP ini mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Kegunaan KIP ini juga menggiring anak putus sekolah untuk kembali bisa bersekolah, seperti anak-anak lain pada umumnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto melalui Kabid SMP Herman Wijaya mengatakan kalau pemerintah pusat memiliki kartu KIP.

Maka Dinas Pendidikan(Disdik) Kota Palembang dibawah naungan Pemerintah Kota Palembang dalam waktu dekat akan membuat terobosan baru.

"Kami akan segera melaunching Kartu Palembang Cerdas (KPC). Dilaunchingnya kartu ini nanti untuk mencegah penyelewengan dalam penggunaan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) yang sering disalah gunakan sehingga tidak tepat sasaran," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa BOSDA ini sudah memasuki tahun ke - 3 yaitu bantuan dari Kota Palembang untuk siswa yang tidak mampu.

"Dulunya disebut Bantuan Sekolah Gratis (BSG) ini dinikmati siswa dan siswi yang ada di Kota Palembang dari tingkat SD dan SMP yang tidak mampu semenjak peralihan dari Kota ke Provinsi BSG itu hilang untuk SD dan SMP,” jelasnya.

"Atas kebijakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang dan bantuan dari Walikota Palembang maka BSG diganti dengan BOSDA dialokasikan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)," katanya.

Nantinya BOSDA ini akan diubah menjadi Kartu Palembang Cerdas (KPC) dan penggunaannya diperuntukan bagi siswa dan siswi yang tidak mampu yang nantinya akan diatur sesuai dengan juknis dari peraturan Walikota (Perwali).

Agar Kartu Palembang Cerdas ini diberikan memang kepada yang berhak menerimanya.

Saat ini Disdik Kota Palembang terus mengumpulkan data - data dari kepala SD, SMP, Kelurahan dan kecamatan bagi siswa dan siswi yang tidak mampu untuk mendapatkan haknya bantuan dari Pemerintah kota ini.

"KPC ini akan dibagikan kepada 31 ribu anak dari jenjang tingkatan SD dan SMP negeri yang ada di Kota Palembang. KPC bisa dicairkan dalam kurun waktu enam bulan sekali jadi dalam satu tahunnya dua kali KPC bisa dicairkan untuk siswa dan siswi yang berhak mendapatkannya," ujarnya.

Anggaran dana KPC sebesar Rp 350 ribu untuk SD dan SMP setiap enam bulan sekalinya jadi jumlah dana keseluruhan pertahunnya sebesar Rp 700 ribu.

Sedangkan KIP pertahunnya sebesar Rp750 ribu, per enam bulannya siswa dan siswi mendapatkan dana ini sebesar Rp350 ribu yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat jadi selisih sedikit dengan KPC.

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved