Gerindra Dapat Jatah Wakil Ketua II DPRD Sumsel, Siapa Kader yang DIpilih Gerindra?

Hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 tingkat DPRD Sumsel, menunjukkan partai Gerindra berada di urutan ketiga dengan 10 kursi.

Gerindra Dapat Jatah Wakil Ketua II DPRD Sumsel, Siapa Kader yang DIpilih Gerindra?
ARIF BASUKI ROHEKAN/TRIBUNSUMSEL.COM
Eddy Prabowo. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 tingkat DPRD Sumsel, menunjukkan partai Gerindra berada di urutan ketiga dengan 10 kursi.

Dengan jumlah kursi itu Gerindra berhak mendapat jatah pimpinan (wakil ketua II) DPRD Sumsel periode 2019-2024.

Sedangkan kursi ketua DPRD Sumsel ada di Partai Golkar, PDI Perjuangan (wakil ketua I) dan Demokrat (wakil ketua III).

Di partai Gerindra sendiri, miliki cara sendiri untuk memformulasikan, siapa-siapa saja dari kader mereka yang akan duduk di kursi pimpinan pada tiap tingkatan parlemen.

Kritisnya Kirana Larasati Belum Jadi Anggota DPR, Twitnya Bungkam Anggota DPR Gerindra Rachel Maryam

Reaksi Menteri Keuangan Sri Mulyani Pasca Waketum Partai Gerindra Arie Puyouno Ancam Tak Bayar Pajak

Caleg DPRD Prov Gerindra Prima Salam Kuasai Suara Seberang Ulu 2 Palembang, Disusul Didi Sipriyanto

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Edhy Prabowo mengatakan, dalam menentukan siapa figur kader Grerindra yang akan duduk di kursi pimpinan, tentu akan dilihat dari berbagai sisi.

“Dari sisi aturan, penentuan pimpinan DPRD itu berdasarkan hirarki tingkatan masing-masing. Kalau untuk DPRD Provinsi itu struktur dari DPD, kalau untuk kabupaten/kota berarti struktur dari DPC kabupaten/kota,” katanya.

Edhy mengungkapkan, bahwa nanti akan ada kebijakan-kebijakan, itu nanti yang menentukan bukan otomatis melalui mekanisme tersebut. Namun ada lagi aturan-aturan lainnya.

“Ada lagi tentang latar belakangnya, prestasinya, suaranya dan ada banyak hal lagi. Tentunya timnya tidak sendiri, pada periode sebelumnya ada tim 7, untuk periode ini mungkin kurang lebih sama, tapi siapapun orangnya tergantung ketua umum yang menentukan,” ungkap Ketua Fraksi Gerindra di DPR RI 2014-2019 itu.

Terlepas dari penetapan tersebut, tak lupa Edhy mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Sumsel atas kepercayaannya kembali menuju ke senayan untuk periode yang ketiga.

“Ya setelah terpilih lagi, walaupun belum di lantik, kita akan meningkatkan komunikasi dengan masyarakat di Sumsel. Karena ini adalah cermin dari apa yang selama ini kami perbuat. Kami mohon masukan dari temen-temen media, masyarakat yang selama ini memberikan kritik kepada kami. Ajari kami bagaimana kami bisa mengabdi kepada masyarakat Sumsel. tentu kami akan memperjuangkan semua sektor, seperti pertanian, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur yang lebih berpihak kepada rakyat,” tegasnya.

Sementara, Ketua DPD Partai Gerindra Sumsel, Aswari Rivai menuturkan, belum mengatahui proses-proses siapa nanti yang akan duduk di kursi pimpinan di parlemen. Walaupun dirinya sendiri terpilih di DPRD Sumsel.

“Itu DPP yang menentukan dan semua berpeluang. Siapapun tidak dibatasi, tapi kalau saya terserah DPP saja. Sistemnya belum tahu, saya tidak pernah mengikutinya. Cici (Kartika Sandra Desi) yang pernah mengikuti. Ya kalau saya, tergantung DPP,” pungkas mantan Bupati Lahat ini.

Sekedar informasi, jika melihat dari struktur partai, hanya Saifudin Aswari Rivai (Ketua DPD) dan Kartika Sandra Desi (Bendahara DPD) yang memiliki peluang besar duduk dipimpinan. Aswari sendiri baru periode 2019- 2024 akan duduk di DPRD Sumsel, sedangkan Kartika saat ini masih duduk di pimpinan (wakil ketua III).

Edhy Prabowo dan Aswari

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved