Wisata dan Kuliner

Berkat Kuliner Palembang Masuk 10 Kota/Kabupaten Paling Kreatif se-Indonesia

TRIBUNSUMSEL.COM-Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia secara resmi mengumumkan 10 nominasi Kota atau Kabupaten (KaTa) Kreatif Indonesia

Berkat Kuliner Palembang Masuk 10 Kota/Kabupaten Paling Kreatif se-Indonesia
Tribunsumsel.com
Foto Ilustrasi : Pempek Mangdin Palembang 

TRIBUNSUMSEL.COM-Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia secara resmi mengumumkan 10 nominasi Kota atau Kabupaten (KaTa) Kreatif Indonesia.

Nominator tersebut antara lain Kota Palembang (Kuliner), Kota Majalengka (Kesenian), Kota Malang (Aplikasi dan Game), Kota Surakarta (Pertunjukan Seni),

Kabupaten Kutai Kertanegara (Pertunjukan Seni), Kabupaten Rembang (Kriya), Kota Balikpapan (Aplikasi dan Game), Kabupaten Gianyar (Pertunjukan Seni), dan Kota Denpasar ( Fashion).

Cari Kue Lebaran di Palembang? Di Sini Lokasinya, Harga Mulai Rp 30 Ribuan Per Kilogram

Palembang memang dikenal sebagai destinasi wisata kuliner yang memanjakan lidah para wisatawan.

Banyak menu kuliner yang enak dan lezat di kota ini. Bukan hanya pempek, tetapi banyak juga makanan lainnya.

Tidak hanya itu, beberapa pelaku usaha juga mulai mengkreasikan berbagai makanan itu menjadi lebih modern dan kekinian untuk menarik minat wisatawan.

Dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Jumat (31/5/2019) dijelaskan, masuknya Kota Semarang sebagai kota kreatif adalah hasil dari uji petik yang dilakukan oleh Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif (PM3I) mulai dari tahun 2016-2018.

Adapun Kota Semarang dinilai cukup unggul dalam mengembangkan subsektor fashion sebagai kota kreatif sejak tahun 2016.

5 Tempat Jual Kue Lebaran dan Parcel di Kota Palembang, Harga Mulai Dari Rp 30 Ribuan

Pertumbuhan subsektor fashion di Kota Semarang diperkirakan tumbuh sekitar 20 persen pertahun. Hal itu berdampak pada terjadinya peningkatan PDRB dan eksport yang signifikan dalam tiga tahun terakhir.

Beragam produk feshion dari Kota Semarang juga berhasil masuk ke pasar ekspor karena memiliki ciri keunikan yang berbeda dengan daerah lain.

BEKRAF bahkan mencatat saat ini di Kota Semarang setidaknya terdapat 2.124 penjahit dan 139 perancang busana.

Beberapa diantaranya bahkan adalah nama-nama besar di dunia fashion. Mereka diantaranya Anne Avantie, Inna Priyono, Gregorius Vici, Bramantya Wijaya, Devi Ross, atau Angela Chung.

Tak hanya itu, Kota Semarang juga memiliki 25 tempat kursus, 7 sekolah menengah, dan 2 sekolah tinggi pendidikan fashion. Kota Semarang pun sukses pula melahirkan 265 Model Nasional, seperti misalnya Paula Verhoeven, Jihane Almira, Yama Carlos, atau Dominique Diyose.

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved