Pemkab Muaraenim akan Berikan Seragam Sekolah Gratis Bagi 117 Ribu Siswa di Muaraenim

Pemkab Muaraenim akan memberikan seragam sekolah bagi 117 ribu bagi siswa SD dan MI serta SMP dan MTS yang ada di kabupaten Muaraenim.

Pemkab Muaraenim akan Berikan Seragam Sekolah Gratis Bagi 117 Ribu Siswa di Muaraenim
IKA ANGGRAINI/TRIBUNSUMSEL.COM
Suasana pembinaan kepala sekolah terhadap Kepala Sekolah SD dan SMP yang ada di Kabupaten Muaraenim. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM - Pemkab Muaraenim akan memberikan seragam sekolah bagi 117 ribu bagi siswa SD dan MI serta SMP dan MTS yang ada di kabupaten Muaraenim.

Hal ini dikatakan langsung oleh Bupati Muaraenim dalam kegiatan pembinaan kepada Kepala Sekolah SD dan MI serta SMP dan MTS sekabupaten Muaraenim, Selasa, (28/5/2019).

"Sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Muaraenim yaitu misi ke empat adalah mewujudkan pendidikan dan kesehatan yang mudah dijangkau dan bebas biaya, untuk itu pemkab Muaraenim telah menganggarkan biaya bantuan berupa seragam sekolah harian dan sepatu untuk sebanyak 117 ribu siswa siswi SD sederajat dan SMP sederajat," katanya.

Ia juga mengatakan pemberian seragam sekolah gratis ini bertujuan untuk menyetarakan dan menghilangkan kesenjangan antara siswa yang miskin dan kaya yang ada disekolah.

180 Personil Polres Muaraenim Siap Amankan Idul Fitri 2019

"Kalau selama ini kelihatan mana siswa yang kaya yang mengenakan seragam bagus-bagus, nah dengan adanya program ini kita harapkan hal ini dapat dihilangkan, dan rasa percaya diri para siswa dapat tumbuh Selain itu untuk memotivasi mereka lebih semangat lagi dalam belajar dan meraih prestasi," katanya.

Selain itu lanjutnya untuk menggerakan ekonomi lokal, maka pembuatan seragam sekolah ini diharapkan dapat memberdayakan penjahit lokal.

"Dan anggarannya akan dimasukan ke dalam Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) Daerah, maka kami ingatkan bantuan ini harus dapat dikelolah dengan sebaiknya, dan laporannya harus benar-benar dan transparansi untuk menghindari penyimpangan," katanya.

Tak hanya itu saja sebagai bentuk perhatian pemkab Muaraenim kepada guru Honorer, pihaknya juga telah menganggarkan dana sebanyak Rp 26 Milyar untuk 2. 850 guru.

"Dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan, Dan harapan kita dengan adanya anggaran tersebut dapat memotivasi peningkatan kinerja guru," katanya.

Tidak hanya itu saja lanjutnya pihaknya juga meminta kepada semua kepala sekolah untuk dapat memperbaiki sarana dan prasarana yang kurang di sekolah.

" Sehingga tercipta suasana sekolah dan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Ia juga menambahkan selain kepedulian terhadap siswa SD dan SMP, pihaknya juga akan memberikan beasiswa bagi siswa SMA sederajat dan mahasiswa Perguruan tinggi yang tidak mampu.

" Kita juga akan memberikan beasiswa untuk SMA dan Perguruan tinggi, meskipun SMA bukan weweang kita, tapi anak-anak yg sekolah adalah anak-anak kita, bagi mereka yang tidak mampu namun punya semangat sekolah akan kita bantu dengan beasiswa," pungkasnya.

Suasana pembinaan kepala sekolah terhadap Kepala Sekolah SD dan SMP yang ada di Kabupaten Muaraenim

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved