Ingin Pinjam Dana di Dunia Maya? Cek Dulu 4 Cara Mudah Mengetahui Fintech Ilegal

Belakangan ini banyak dijumpai fintech yang berlomba-lomba memberikan kemudahan pinjaman dana segar untuk dana talangan, modal usaha hingga keperluan

Ingin Pinjam Dana di Dunia Maya? Cek Dulu 4 Cara Mudah Mengetahui Fintech Ilegal
orrick
Ilustrasi Fintech 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Hartati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Belakangan ini banyak dijumpai fintech yang berlomba-lomba memberikan kemudahan pinjaman dana segar untuk dana talangan, modal usaha hingga keperluan lainnya dengan cepat tanpa ribet.

Hendrikus Passagi, Direktur Pengaturan, Perizinan dan Pengawasan Financial Technology (Fintech) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghimbau  masyarakat agar waspada dan jangan sampai terjerat fintech ilegal.

OJK mengatakan tidak bisa memberikan sanski pada fintech ilegal karena hingga kini belum ada UU yang mengatur tentang fintech ini.

Berbeda dengan perbankan yang sudah ada aturan undang-undangnya sehingga jika melakukan kesalahan dengan mudah bisa ditindak lanjuti dengan tegas dan diberikan sanksi.

Selama ini jika ditemukan fintech ilegal yang belum terdaftar maka hanya bisa diarahkan untuk melakukan pendaftaran tapi jika tetap tidak ingin diarahkan maka caranya dengan menggandeng satgas pemberantasan fintech ilegal.

Fintech ilegal ini akan ditutup.

Hanya saja saat ditutup bukan berarti maskaahnya selesai karena secara jumlah fintech legal hanya ada 130 di Indonesia dan yang ilegal jumlah ribuan atau berkali-kali lipat lebih banyak daripada yang legal.

Jika fintech ilegal ditertibkan bukan berarti operasional mereka akan langsung stop tapi mereka justru "kreatif" membuat fintech baru dengan nama berbeda tapi dengan alamat domain yang sama.

Hanya namanya saja diubah sehingga masyarakat awam tidak tahu jika itu fintcah yang sama dengan nama baru saja.

Halaman
123
Penulis: Hartati
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved