Berita Lubuklinggau

Besok 10 Ton Bawang Putih Impor China Masuk Lubuklinggau, Harga Diprediksi Turun Jadi Rp 30 Ribu

TRIBUNSUMSEL.COM,LUBUKLINGGAU-Wakil Wali Kota Lubuklinggau, Sulaiman Kohar inspeksi mendadak (sidak) di pasar inpres Lubuklinggau, Selasa (7/5/2019).

Besok 10 Ton Bawang Putih Impor China Masuk Lubuklinggau, Harga Diprediksi Turun Jadi Rp 30 Ribu
Tribun Sumsel/ Eko Hepronis
Suasana saat tim gabungan melakukan sidak di Pasar Inpres Lubuklinggau, Selasa (7/5/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM,LUBUKLINGGAU-Wakil Wali Kota Lubuklinggau, Sulaiman Kohar inspeksi mendadak (sidak) di pasar inpres Lubuklinggau, Selasa (7/5/2019).

Ia ingin memastikan ketersediaan sejumlah kebutuhan pokok saat Ramadhan.

Sulaiman didampingi Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dwi Hartono, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagrin) HM Dayat Zaini, Kepala Bulog dan BPOM Lubuklinggau.

Di dalam pasar, mereka menemui pedagang ayam, pedagang ikan, pedagang daging dan mengecek langsung ke gudang distributor bawang putih.

Hasilnya semua bawang putih dibeberapa distributor habis.

Indonesia Impor 85 Ribu Kilogram Bawang Putih dari China

Kepala Disdagrin Kota Lubuklinggau M Dayat Zaini usai sidak menuturkan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir masalah harga bawang putih yang sedang mengalami kenaikan.

"Masyarakat tidak perlu resah, karena besok Rabu (8/5/2019) sebanyak 10 ton bawang putih impor akan masuk ke Kota Lubuklinggau," terangnya pada wartawan.

Menurutnya 10 ton bawang putih impor tersebut akan mampu mencukupi kebutuhan kekurangan bawang putih di pasar-pasar tradisional kota Lubuklinggau.

"Dengan masuknya bawang putih impor besok, diprediksi harga bawang putih akan langsung kembali normal. Bahkan kita predikai bisa turun sampai Rp 30 per kilogram," paparnya.

Stok Bawang Putih di Sumsel Menipis, Dinas Perdagangan Minta Warga Berhemat

Hanya saja untuk saat ini harga bawang putih masih tinggi dan barangnya pun masih langka dipasaran terbukti dari hasil sidak pihaknya.

"Kalau sekarang memang agak langka, kalau pun ada harganya dipasaran maish berkisar Rp 80 ribu - Rp 100 ribu perkilogram, tergantung kualitasnya," katanya.

Wakil Wali Kota Lubuklinggau, Sulaiman Kohar mengatakan kenaikan harga bawang putih saat ini disebabkan karena situasi pemilu sehingga pemerintah tidak berani melakukan impor.

"Informasi karena kita sedag pemilu, pemerintah pusat tidak berani impor. Tapi kita yakin dengan masuknya 10 ton bawang putih besok harga kembali normal," ujarnya.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved