Breaking News:

RS Siloam Sriwijaya Gelar Healthtalk Kenali dan Cegah Kanker Serviks di Atas LRT Sumsel

RS Siloam Sriwijaya mengadakan Healthtalk, Kenali dan Cegah Kanker Serviks di Atas Light Rial Transit (LRT) Sumsel

LINDA/TRIBUNSUMSEL.COM
Suasana Healthtalk, Kenali dan Cegah Kanker Serviks Diatas Light Rial Transit (LRT) Sumsel yang diadakan RS Siloam Sriwijaya, Kamis (25/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Dalam rangka memperingati Hari Kartini maka RS Siloam Sriwijaya mengadakan Healthtalk, Kenali dan Cegah Kanker Serviks di Atas Light Rial Transit (LRT) Sumsel, Kamis (25/4/2019).

Sebagai narasumber dr. Monica A Susanti, SP.OG (K) yang merupakan dokter kebidanan dan kandungan-konsultan obstetri sosial RS Siloam Sriwijaya dan moderatornya Pemimpin Redaksi Tribun Sumsel, Weny Ramdiastuti.

dr. Monica A Susanti, SP.OG (K) mengatakan, tema Healthtalk ini Lindungi Diri Kamu Dari Kanker Serviks. Kanker Serviks adalah kanker pada serviks (leher rahim) yang merupakan bagian bawah pada rahim yang menghubungkan rahim dan vagina.

"Setiap 1 jam ada satu wanita meninggal karena kanker serviks. Lalu ada 26 wanita setiap harinya meninggal karena kanker serviks dan ada 58 kasus baru kanker serviks terjadi setiap hari," ujar dr. Monica.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk itu lebih baik mencegah daripada mengobati. Maka dari itu untuk pencegahan ini bisa dilakukan sejak dini mulai dari usia 9 tahun dengan vaksinasi HPV. Lalu untuk yang dewasa bisa melakukan pup smear.

"Kanker serviks paling banyak mengenai wanita dengan usia 36-55 tahun. Di Indonesia lebih dari 70 persen pasien datang sudah dalam stadium lanjut dan paling banyak stadium 3b," katanya

Sementara itu Hospital Direktur RS Siloam Sriwijaya, dr Bonda Ferndando menambahkan, bahwa ia terfikir membuat ide talkshow yang tidak biasa maka ia mengadakan Healthtalk di atas LRT, dari Stasiun DJKA- Stasiun Gardua Dempo.

"Ini yang pertama kali kami lakukan, harapanya kedepan bisa rutin diadakan seperti ini," katanya.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved