Video

Video : Wanita Ini Tiga Kali Terima Uang Palsu , Modus Pelaku Belanja di Malam Hari

Peredaran uang palsu selalu saja berimbas pada kerugian secara materil yang dialami masyarakat.Seperti yang terjadi pada Sumiati atau biasa disapa Wak

TRUBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Peredaran uang palsu selalu saja berimbas pada kerugian secara materil yang dialami masyarakat. Seperti yang terjadi pada Sumiati atau biasa disapa Wak Umik (68).

Perempuan paruh baya yang membuka warung sembako kecil-kecilan di rumahnya yang berada di jalan Super Semar Angkatan 66 lorong sepakat jaya 2 Palembang ini, mengalami kerugian akibat menerima uang palsu dari pembeli.

Sudah tiga kali Wak Umik mendapat uang palsu. Sebanyak 3 lembar uang kertas pecahan seratus ribu yang ternyata palsu, entah diterimanya dari siapa.

"Kalau saya tahu siapa yang bayar pakai uang palsu, pasti sudah saya marahi," kata Wak Umik saat ditemui di warung sekaligus yang persis berada di depan rumahnya, Selasa (23/4/2019).

Wak Umik bercerita, awalnya dia tidak menyadari bila ada uang palsu dari hasilnya berdagang. Namun beberapa hari lalu saat dirinya sedang berbelanja di pasar, barulah diketahui bahwa uang yang dibawanya ternyata palsu.

"Saya mau ngisi warung, jadi belanja di pasar. Terus yang punya toko bilang, Wak ini uangnya palsu," katanya.

Sontak Wak Umik sangat terkejut. Perempuan yang sudah membuka usaha warung kecil-kecilan sejak tahun 1980 silam ini, sama sekali tidak menyangka ada yang tega berbuat seperti itu kepadanya.

"Ya kagetlah pasti, waktu itu saya sampai terpaksa ngutang dulu di toko itu. Lah, gimana mau bayar, uang yang saya bawa rupanya palsu. Jadi nggak bisa dibelanjakan,"ucapnya.

Sepulangnya ke rumah, Wak Umik lantas mengecek sendiri uang palsu yang diterimanya. Dia lantas merendam satu dari tiga uang kertas palsu tersebut ke dalam air selama satu malam.

"Hasilnya uang itu hancur. Karena saya pikir, kalau uang asli pasti tahan. Nggak mungkin hanya karena terendam air jadi hancur. Tapi beneran, uang itu jadi seperti serpihan. Ya, berarti benar itu uang palsu,"ucapnya dengan yakin.

Halaman
12
Penulis: Shinta Dwi Anggraini
Editor: Abriansyah Liberto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved