Video

Video : Anak Panti Asuhan Ini Senang Ada Penghasilan Tambahan Dari Honor Melipat Surat Suara

Anak panti asuhan Siti Khadijah ini sangat terampil melipat satu persatu surat suara dan menyusunnya ke dalam kardus.

TRIBUNSUMSEL.COM -  Desi Fitasari remaja putri berusia 17 tahun terlihat sibuk melakukan pelipatan surat suara di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Lubuklinggau.

Anak panti asuhan Siti Khadijah ini sangat terampil melipat satu persatu surat suara dan menyusunnya ke dalam kardus.

Didalam ruang ketua KPU Kota Lubuklinggau, mereka hanya berenam sesama anak panti asuhan bahu membahu menyelesaikan pelipatan surat suara.

Selain mereka, ada ratusan orang pekerja yang juga duduk di lantai dan belasan orang duduk di kursi menghadap meja masing-masing melakukan pelipatan surat suara.

Desi Fitasari mengatakan, dalam sehari mampu menyelesaikan ratusan lembar surat suara, dalam setiap lembar ia mangku mendapat upah sebesar Rp 100.

Dalam sehari ia bersama temannya mampu menyelesaikan 10 kardus.

"Bersyukur biasanya selesai pulang sekolah hanya dirumah membantu adik-adik. Sekarang ada kesibukan tambahan," ujar warga asal Curup Bengkulu ini pada Tribunsumsel.com, Rabu (4/4).

Desi mengaku, sangat bersyukur diajak melipat surat suara di kantor KPU. Sehingga ia mendapat penghasilan tambahan. Maklum saja kedua orang tuanya hidup sangat pas-pasan.

"Rencananya mau dibelikan mesin jahit, kalau ada sisanya untuk ongkos pulang ke dusun," ujar Desi.

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Topandri mengatakan proses pelipatan surat suara pihaknya tidak melibatkan pihak ketiga, melainkan melibatkan 200 orang yang diambil dari warga sekitar.

"Enam kita ambil dari panti asuhan, karena setelah ujian mereka tidak ada kerja, kita libatkan untuk uang tambahan jajan mereka," ujar Topan.

Topan menyebutkan, jumlah surat suara yang dilipat di KPU Lubuklinggau, baik surat suara Pileg dan Pilres berjumlah 816.513 surat suara dan ditargetkan rampung Jumat (4/4) hari ini.

Setelah selesai pihaknya akan langsung melakukan pengesetan.  Kemudian tanggal 15 April mendatang pihaknya sudah melakukan distribusi surat suara kemasing ke PPK dan akan dilanjutkan distribusi ke PPS.

"Kita bersyukur kekurangan logistik kita sebanyak 105 kotak suara sudah ada, jumlahnya juga melebihi yang kita minta yakni 120 kotak suara," ujarnya. 

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Abriansyah Liberto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved