Penjelasan BMKG Saat Siang Panas Sore Malah Hujan di Sumatera Selatan, Waspada Banjir

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kondisi Sumatera Selatan pada 19 Maret 2019 saat ini, posisi Matahari di atas ekuator atau khatulistiwa menyebabkan temp

Penjelasan BMKG Saat Siang Panas Sore Malah Hujan di Sumatera Selatan, Waspada Banjir
gridoto.com
Mengemudi mobil saat hujan deras 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kondisi Sumatera Selatan pada 19 Maret 2019 saat ini, posisi Matahari di atas ekuator atau khatulistiwa menyebabkan temperatur udara cenderung lebih panas dari biasanya dari pagi hingga menjelang siang hari.

Hal ini merupakan indikasi musim transisi.

Pasokan uap air dari laut Cina Selatan yang melimpah seiring masih aktifnya angin muson baratan mengakibat potensi hujan pada sore hari hingga malam hari semakin tinggi.

Tentu saja, dapat diikuti angin kencang seiring perbedaan tekanan permukan yang tinggi akibat kenaikan suhu signifikan pada pagi menjelang siangnya.

"Respon terhadap kenaikan suhu antara permukaan yang tertutup seperti aspal, semen dan permukaan yang terbuka seperti tanah, rawa, gambut yang berbeda inilah yang memicu perbedaan tekanan permukaan," ujar Kasi Observasi dan Informasi BMKG SMB II Sumsel Beni, Rabu (20/3/2019).

Kondisi ini diperburuk dengan gangguan Badai Tropis Trevor dan pusat-pusat tekanan rendah di Samudera Hindia selatan Jawa, yang mengakibatnya terjadinya konvergensi atau pertemuan massa udara yang sarat uap air di wilayah Sumatera Selatan yang meningkatkan pertumbuhan awan hujan.

Seiring kadar air tanah yang jenuh dikarenakan musim hujan, mengakibatkan potensi genangan hingga banjir akan semakin tinggi.

Untuk daerah dataran tinggi berpotensi pergeseran tanah atau longsor.

Kondisi ini akan berlangsung 3 hingga 5 hari ke depan.

"Masyarakat juga dihimbau untuk waspada, dengan potensi yang disebutkan," ungkapnya.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved