Truk LPG dan Biodiesel Mulai Manfaatkan Pelabuhan Bongkar Muat Tanjung Api-Api (TAA) Banyuasin

Dengan sudah beroperasionalnya Pelabuhan TAA ini maka perusahan yang ingin melakukan bongkar muat barang bisa melalui Pelabuhan TAA

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Wawan Perdana
Tribunsumsel.com/Defri Irawan
Foto Ilustrasi : Truk di pelabuhan TAA 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pelabuhan bongkar muat Tanjung Api-Api (TAA) di Banyuasin sudah mulai beroperasional.

Dengan sudah beroperasionalnya Pelabuhan TAA ini maka perusahan yang ingin melakukan bongkar muat barang bisa melalui Pelabuhan TAA.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Palembang, Capt Mugen Sartoto saat dikonirmasi mengatakan, bahwa sudah ada beberapa perusahaan yang menggunakan Pelabuhan TAA ini.

"Yang jelas muatan yang sudah pernah dibongkar di Pelabuhan TAA yaitu truk-truk LPG, FAME atau biodiesel untuk B20 dari Pertamina dan HSD yang dibawa oleh tanker SPOB," ujarnya, Minggu (3/3/2019).

Soimah Beri Lampu Merah di Lida 2019, Penampilan Fikoh Duta Lida 2019 Asal Kepulaan Bangka Belitung

Bayi 6 Bulan di Muratara Mengidap Hydrocephalus Butuh Bantuan, Selalu Menangis Setiap Digendong

Untuk saat ini di Pelabuhan TAA baru bisa disandari oleh kapal dibawah 1000 DWT (berat muatan yang dapat di angkut oleh Kapal).

Karena kedalaman yang ada saat ini 5,5 meter jadi kedalaman maksimal yang digunakan 3,5 meter LWS (Low Water Spring) adalah muka air laut surut terendah.

Jenis kapal-kapal yang saat ini sudah rutin melalui Pelabuhan TAA adalah LCT (Landing Craft Tank), Tongkang dan Kapal SPOB (Self Propelled Oil Barge) sebuah kapal untuk mengangkut minyak.

"Karena Pelabuhan TAA ini juga baru beroperasional maka untuk pengerukan akan dilakukan jika memang demand pasar memerlukan. Untuk itu kita akan terus menjajaki pasar di sana," katanya.

Tiga Produk Lalan Muba Mengikuti Pameran Pariwisata Tingkat Dunia di Oslo Norwegia

Main Air Pakai Jeriken di Parit, Bocah SD di Sekayu Muba Tewas Tenggelam

Sementar itu terkait untuk fasilitas atau perlengkapan yang ada di Pelabuhan TAA menurutnya memang saat ini baru dermaga, trestle dan causeway. Lalu lapangan penumpukan dan kantor pelabuhan.

"Dalam waktu dekat kami akan kerjasama dengan Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) untuk pekerjakan crane di Pelabuhan TAA. Crane ini untuk memudahkan bongkar muat barang di Pelabuhan TAA," jelasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved