2400 Mahasiswa Baru Universitas Terbuka Ikuti Orientasi di Grand Atyasa Palembang

sebanyak 2400 mahasiswa baru Universitas Terbuka Palembang mengikuti orientasi studi mahasiswa baru masa registrasi 2019

2400 Mahasiswa Baru Universitas Terbuka Ikuti Orientasi di Grand Atyasa Palembang
MELISA/TRIBUNSUMSEL.COM
Universitas Terbuka Palembang. 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kalau biasanya orientasi identik dengan kegiatan lapangan namun, sebanyak 2400 mahasiswa baru Universitas Terbuka Palembang mengikuti orientasi studi mahasiswa baru masa registrasi 2019 di Grand Atyasa Palembang.

Suasana dibuat senyaman mungkin untuk ribuan mahasiswa baru ini, Direktur UT Palembang, Dr Meita Istianda SIP MSi mengatakan sengaja memilih kegiatan orientasi mahasiswa baru di gedung.

"Orientasi di gedung ini tujuannya tentu supaya membuat mahasiswa lebih nyaman sehingga mereka juga bisa mendengarkan pemaparan dari kami dengan baik dan benar," ujarnya saat dibincangi setelah membuka orientasi mahasiswa UT Palembang di Grand Atyasa, Sabtu (2/3/2019).

Dia juga mengatakan selain untuk membuat mahasiswa nyaman, pihaknya juga ingin mahasiswa baru juga bisa tahu cara belajar, trik-trik menarik belajar efektif di UT. "Mereka juga harus kenal konsep UT itu sendiri, bagaimana membaca modul yang benar. Karena orientasi ini kan menjadi entri point yang penting untuk mahasiswa supaya keluarnya tepat waktu," jelasnya.

"Saya juga berharap dengan adanya kegiatan orientasi mahasiswa baru ini, mahasiswa bisa siap menjadi mahasiswa UT dan tahu apa saja hak dan kewajiban mereka serta bisa selesai tepat waktu," katanya.

Kuliah di Universitas Terbuka, dia melanjutkan normalnya 4 tahun, dan UT tidak ada sistem drop apabila mahasiswa tidak aktif datanya dino aktifkan dan apabila ingin aktif kembali bisa diaktifkan. "Semua kembali kepada mahasiswanya mau serius belajar atau tidak," katanya

Sementara itu, program pendidikan di UT terdiri dari, program bergelar, yaitu program pendidikan Diploma (D2, D3, dan D4) Sarjana (S1), dan Magister (S2). Program non gelar atau sertifikat, seperti program pendidikan berkelanjutan (PPB) dan program mata kuliah mandiri (PMKM).

Sedangkan untuk fakultas, di UT ada 4 fakultas, yaitu fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), dan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan program Pascasarjana.

"Dan fakultas yang paling banyak peminatnya saat ini di Universita itu FKIP dan FHISIP," tambahnya.

Di kegiatan orientasi mahasiswa baru ini juga hadir Ketua Ikatan Alumni Universitas Terbuka Sumsel dan juga politisi H Yuswar Hidayatullah yang memberikan kata sambutan dan semangat untuk mahasiswa baru. (Elm/adv).

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved