Sungai Kelingi Meluap dan Membuat Banjir, Warga Mulai Ungsikan Barang Elektronik

TRIBUNSUMSEL.COM, MUSIRAWAS - Tingginya intensitas hujan sepekan terakhir membuat Sungai Kelingi yang membelah Kelurahan Muara Kelingi, Kecamatan Muar

Sungai Kelingi Meluap dan Membuat Banjir, Warga Mulai Ungsikan Barang Elektronik
TRIBUNSUMSEL.COM/EKO HEPRONIS
Warga dan anak-anak saat mengungsi karena banjir di Kelurahan Muara Kelingi, Kecamatan Muara Kelingi, Minggu (17/2/2019). 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis.

TRIBUNSUMSEL.COM, MUSIRAWAS - Tingginya intensitas hujan sepekan terakhir membuat Sungai Kelingi yang membelah Kelurahan Muara Kelingi, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas (Mura) meluap.

Akibatnya Ratusan rumah warga di RT 1, 2 dan 3 atau berada di bantaran Sungai Kelingi terendam banjir.

Banjir musiman yang terjadi setiap tahun ini ketinggiannya bervariasi mulai dari selutut orang dewasa hingga sebatas pinggang orang dewasa.

Bahkan ketinggian air di rumah warga yang berada di bantaran sungai mencapai satu meter lebih.

Akses warga pun lumpuh total, untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari untuk berbelanja ke warung, warga terpaksa menggunakan perahu dan ban karet.

Beki pemuda setempat mengatakan, banjir di sebabkan akibat luapan Sungai Kelingi yang tak mampu menampung debit air air hujan sepekan terakhir.

"Sudah sejak Sabtu (16/3) kemarin air masuk rumah warga, awalnya beberapa rumah, akibat hujan semalam makin meluas," ungkapnya pada Tribunsumsel.com, Minggu (17/02/2019).

Menurutnya seiring makin derasnya hujan saat ini, ketinggian air akan terus bertambah, Parahnya bila terjadi hujan terus menerus bisa mencapai bumbungan rumah.

"Kurang lebih rumah yang terendam sudah 100 rumah, bila dilihat dari arah jalan pasar memang tidak terlalu parah, tapi bagian belakang, semua rumah warga sudah terendam," terang Beki.

Hanya saja sampai saat ini warga belum mau mengungsi. Mereka masih bertahan di rumahnya masing-masing sembari berharap air akan surut.

"Namun sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, banyak warga sudah mengungsikan barang-barang elektroniknya kerumah saudaranya masing-masing," terang Beki.

Ia menuturkan, meskipun banjir sudah terjadi sejak kemarin, sampai sejauh ini belum ada bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas baik berupa posko maupun bantuan logistik.

Berdasarkan informasi dihimpun banjir bukan hanya merendam ratusan rumah-rumah warga, namun sejumlah fasilitas ibadah seperti musholla juga ikut terendam banjir.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved