Dishub Usul ke Kementerian Supaya Jalur Kereta Kertalaya Diperpanjang 7 Km Hingga Masuk Unsri

Perpanjangan jalur bertujuan menarik minat dan memudahkan mahasiswa yang menggunakan kereta api jurusan Palembang-Indralaya dengan KA Kertalaya

Dishub Usul ke Kementerian Supaya Jalur Kereta Kertalaya Diperpanjang 7 Km Hingga Masuk Unsri
TRIBUNSUMSEL.COM/ARI WIBOWO
Foto Ilustrasi : Beberapa mahasiswa saat akan menaiki KA Kartalaya 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati.

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Selatan mengajukan usulan perpanjangan jalur kereta hingga ke Universitas Negeri Sriwijaya (Unsri).

Perpanjangan jalur bertujuan menarik minat dan memudahkan mahasiswa yang menggunakan kereta api jurusan Palembang-Indralaya dengan KA Kertalaya.

Kepala UPTD Tanjung Api-Api dan Kertalaya dari Dishub Sumsel, Arizani mengatakan, selama ini mahasiswa atau masyarakat yang naik dari Kertapati turunnya di Kertalaya.

Nah untuk mahasiswa ini kan masih harus naik kendaraan lagi, karena jarak dari stasiun ke Unsri berkisar 3 kilometer sampai ke kampus Unsri.

Dokter Forensik RS Bhayangkara Palembang Tidak Temukan Tanda Kekerasan di Balita Tewas Tergantung

Daftar Harga Kamera Canon (Kit) Terbaru 2019 untuk Pemula, Mulai dari Rp 5 Jutaan dan Spesifikasi

"Untuk itu kita akan ajukan penambahan jalur kereta api agar sampai ke Unsri langsung. Jalur kereta api atau rel yang akan ditambahkan sepanjang 7 km dari stasiun Kertalaya ke Unsri," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (8/2/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa Dishub berusaha agar kereta ini bisa sampai ke kampus Unsri.

Untuk itu sedang diusulkan ke Kementerian Perhubungan dalam hal ini Dirjen Perkeretaapian. Untuk saat ini masih dalam tahap study.

"Untuk KA Kertalaya saat ini baru satu kali jadwal keberangkatan dan kedatangan."

"Dengan adanya penambahan jalur tersebut diharapkan bisa menambah jadwal keberangkatan dua atau tiga kali keberangkatan dan kedatangan," katanya.

Polisi Olah TKP Balita Tewas Tergantung di Palembang, Ini Kesulitan yang Dihadapi

Hanya Sehari, Promo Belanja Pakaian Pria di Manzone Palembang Icon, Harga Mulai Rp 20 Ribuan

Jadwal KA Kertalayan dari Kertapati pukul 7.30 sampai di Indralaya pukul 8.10 dan dari Indralaya pukul 14.10 sampai ke Kertapati pukul 14.50.

Karena KA Kertalaya ini masih perintis maka tarifnya hanya Rp 3000.

Sementara itu Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Sugianto mengatakan, bahwa untuk penambahan jalur kereta api Kertalaya ini masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study).

"Tahun ini akan diajukan untuk pengerjaan tahun 2020. Namun untuk disetujui atau tidaknya kewenangan pusat dan saat ini kami masih dalam tahap persiapan kajiannya terlebih dahulu," katanya.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved