Kenapa Tiket Pesawat Mahal? Garuda Bantah Naikkan Tarif

Garuda Indonesia membukukan penerbangan nyaris 100 persen seat terisi untuk rute penerbangan Palembang-Jakarta,

Kenapa Tiket Pesawat Mahal? Garuda Bantah Naikkan Tarif
Andri Donnal Putera
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Hartati

TRIBUN SUMSEL.COM, PALEMBANG - Garuda Indonesia membukukan penerbangan nyaris 100 persen seat terisi untuk rute penerbangan Palembang-Jakarta, Palembang-Medan juga Palembang-Denpasar.

Tiga rute ini menjadi rute terpadat penerbangan Garuda karena menjadi kota pusat liburan merayakan natal dan tahun baru.

"Seat untuk tiga rute ini 98 persen terisi jadi masih tersedia seat bagi penumpang yang akan terbang meski pada saat puncak liburan," kata Meisye Paulina Tambunan, Manager Marketing Garuda Indonesia Cabang Palembang, Sabtu (22/12/2018).

Intip Cantiknya Pramugari Garuda dengan Gaun Ini, Penerbangan Vintage

Meski seat nyaris penuh Meisye mengatakan belum akan menambah armada atau menambah jam terbang pada tiga rute domestik favorit ini.

Tapi jika permintaan seat memang melebihi kapasitas pesawat maka akan disiasati dengan mengoperasikan pesawat air bus sehingga bisa menampung kelebihan penumpang.

Soal harga yang dianggap konsumen melonjak dari harga biasanya, dijelasakan Meisye Garuda tidak menaikkan harga tapi hanya menerapkan tarif batas atas.

Tiket Pesawat Garuda Jakarta-Palembang, Catat Ini Harga Paling Murah, Cuma Tiga Hari

Ketentuan Kementerian Perhubungan tarif batas atasnya yakni Rp 1.135.000.

"Kalaupun ada harga tiket Garuda Indonesia yang lebih mahal lagi dari tarif atas dengan rute tertentu itu bisa saja karena pesawat harus transit dulu sebab penerbangan langsung untuk tujuan itu sudah penuh sehingga terhitung penerbangan untuk dua rute makanya lebih mahal," jelasnya.

Meisye menjelaskan berlakunya tarif atas ini sesuai dengan hukum pasar jika permintaan tinggi maka harga juga menyesuaikan.

Garuda tidak menaikkan harga tapi menerapkan batas atas karena hampir semua seat penuh karena banyak permintaan.

5 Menit Terbang, Penumpang Pesawat Garuda GA 502 Boeing 737-800 NG Cium Bau Asap, Ini Penjelasannya

Untuk rute lainnya dari Palembang baik ke pulau Jawa atau intra sumatera masih tetap berlaku harga normal juga ada promo dan bukan berlaku tarif atas karena permintaan seat juga normal.

"Tarif Garuda untuk rute lainnya dari Palembang tarifnya fleksibel dan menyesuaikan dengan kondisi permintaan," jelas Meisye.

Penulis: Hartati
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved