Jembatan Selat Bangka

Fakta-fakta Terbaru Jembatan Selat Bangka (Sumsel-Babel), Butuh Rp 13 Triliun Waktu Tempuh 10 Menit

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kini menganggarkan Rp 1 miliar untuk pra studi kelayakan jembatan Selat Bangka, penghubung Bangka-Sumsel

Fakta-fakta Terbaru Jembatan Selat Bangka (Sumsel-Babel), Butuh Rp 13 Triliun Waktu Tempuh 10 Menit
Tribun Sumsel/ Sri Hidayatun
Foto Ilustrasi : Jembatan Musi IV Palembang telah selesai 100 persen. Peresmian diperkirakan pada tanggal 25 atau 27 Desember 2018 

TRIBUNSUMSEL-Gubernur Sumsel Herman Deru dan Gubernur Babel memastikan rencana pembangunan jembatan Babel-Sumsel sepanjang 13,5 kilometer bakal segera terealisasi.

Hal ini ditandai dengan telah ditandatanganinya MoU perpanjangan kerjasama pembangunan jembatan tersebut oleh 2 gubernur pada Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD di Auditorium Bina Praja, Selasa (13/11/2018).

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kini menganggarkan Rp 1 miliar untuk pra studi kelayakan jembatan Selat Bangka, penghubung Bangka-Sumatera pada tahun 2019 mendatang.

Jembatan sepanjang 13,5 kilometer ini akan menghubungka Bangka Selatan menuju Selapan, OKI Sumatera Selatan.

1. Biaya Rp 13 Triliun

Biaya pembangunan diperkirakan membutuhkan anggaran sekitar Rp 13 Triliun dan dilakukan secara multiyears.

"Tahun depan kita anggarkan untuk membuat pra studi kelayakannya dulu, kalau untuk DED dan pembangunannya enggak mampu daerah kita, anggarannya itu pusat karena butuh sekitar Rp 13 Triliun,"

"Kita buat studi ini untuk menyampaikan ke pemerintah pusat jembatan ini layak dibangun," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Noviar Ishak Selasa (4/12/2018).

Noviar menyebutkan, dalam pra studi kelayakan ini akan dilakukan beberapa kajian seperti sosial ekonomi, teknik dan teknologi konstruksi, kajian lingkungan dan beberapa kajian lainnya.

Sehingga, menjadi kuat untuk diajukan ke pemerintah pusat dan bisa dimasukkan dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Halaman
123
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved