Musim Hujan Sawah Malah Kering, Bupati Kumpulkan Seluruh Penyuluh dan PPA

Persoalan irigasi di Kabupaten Mura khususnya di Kecamatan Tugumulyo, Purwodadi dan Sumberharta terus muncul

Musim Hujan Sawah Malah Kering, Bupati Kumpulkan Seluruh Penyuluh dan PPA
EKO HEPRONIS/TRIBUNSUMSEL.COM
Bupati Musirawas mengumpulkan penyuluh untuk membahas persoalan irigasi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUSIRAWAS - Persoalan saluran irigasi di Kabupaten Musi Rawas (Mura) khususnya di Kecamatan Tugumulyo, Purwodadi dan Sumberharta akhir-akhir ini selalu menjadi keluhan masyarakat.

Sebab meski pun musim penghujan dan memasuki musim tanam sejumlah lahan persawahan di tiga kecamatan tersebut kadang tertunda penanamannya karena kekeringan air.

Bahkan, selain tak dapat menanam padi, petani yang sudah terlanjur melakukan penanaman padi pun terancam gagal panen lantaran tanaman padi yang telah mereka tanam kerap kekeringan air.

Untuk itu, guna mempercepat mengatasi persoalan saluran irigasi. Bupati Musi Rawas, Hendra Gunawan mengumpulkan seluruh Petugas Penjaga Pintu Air (PPA) dan Penyuluh, Kamis (29/11/2018) malam di Pendopo Bupati.

Hendra menyampaikan tujuan mengundang seluruh PPA dan Penyuluh tersebut menjalin silaturahmi untuk mencari solusi atas permasalahan petani yang mengalami kekurangan air.

"Persoalan kekurangan air ini, merupakan masalah yang sudah sangat akut. Sudah puluhan tahun masalah ini belum terselesaikan," kata Hendra.

Hendra pun menyakini secara bertahap persoalan ini akan dapat terselesaikan dengan baik. Pihaknya akan melakukan pemetaan terlebih dahulu potensi masalah air dari BK 1 sampai BK 16.

"Kita akan memperbaiki saluran irigasi baik secara gotong royong maupun dengan menggunakan dana daerah, berkoordinasi dengan bebagai pihak baik pemilik kolam, instansi terkait, pihak balai dan pusat," katanya.

Ia pun mengharapkan kepada Penjaga Pintu air agar dapat bekerja secara maksimal dalam mengatur tatakelola air sehingga air ini dapat dimanfaatkan oleh petani dalam upaya meningkatkan produktifitas hasil persawahan

"Kita meminta kepada seluruh Camat dan Kepala desa untuk bersatu padu agar terus melakukan gotong royong. Dalam memperbaiki dan membersihakan saluran irigasi," paparnya.

Hadir dalam pertemuan ini, Asisten II Syaiful Ibna, Kadis PUCKTR Ristanto Wahyudi, Kadis Pertanian dan Peternakan, Tohirin dan pejabat lainnya dilingkungan Kabupaten Mura.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved