Kunjungi 17 Kabupaten/Kota di Sumsel, Febrita Herman Deru Minta Produk Lokal Jadi Unggulan

Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia Herman Deru Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi memulai kunkernya ke 17 kabupaten dan kota se Sumsel

Kunjungi 17 Kabupaten/Kota di Sumsel, Febrita Herman Deru Minta Produk Lokal Jadi Unggulan
Tribunsumsel.com
Setelah dilantik di Jakarta 1 Oktober lalu, Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia Herman Deru Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi memulai kunkernya ke 17 kabupaten dan kota se Sumsel pada Selasa (30/10). 
 
TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia Herman Deru Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi memulai kunkernya ke 17 kabupaten dan kota se Sumsel pada Selasa (30/10).
Mengawali kunkernya Febrita Deru resmi melantik Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Suharyanti Marwan, sisa masa jabatan 2013-2018 di pendopoan kabupaten Lahat.
Pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan Nomor: 31/Kep/PKK Prov. Sum-Sel/X/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat sisa masa bakti 2013-2018.
Keputusan tersebut mengangkat Suharyanti Marwan, menggantikan Ketua TP PKK sebelumnya Raden Rukmi  Kurnia Sismartianti Aswari. 
Pelantikan ini disaksikan langsung oleh Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya.
Para pengurus TP PKK Sumsel, Bupati Lahat Marwan Mansyur dan jajarannya, calon anggota legislatif DPR RI Percha Leanpuri, serta anggota PKK se-kecamatan Lahat. 
 "Lahat merupakan prioritas dan tempat perdana yang masuk dalam program kunjungan kerja tim PKK Sumsel, pasca saya dilantik sebagai Ketua TP PKK Sumsel, pada 01 Oktober lalu"
"Saya ingin Ketua yang sudah dilantik ini menjadi motivasi bagi ketua PKK di tingkat kecamatan dan lainnya" ujar Febrita.
Lebih lanjut, Febrita Lustia meminta agar Ketua TP PKK kabupaten Lahat untuk dapat membuat terobosan dan tetap berkarya bagi masyarakat, meskipun masa jabatannya terhitung singkat. 
"Saya minta agar ibu Suharyanti Marwan tetap dapat melaksanakan tugasnya, tetap berkarya bagi masyarakat, misalnya melalui program bedah rumah, dan kebun toga serta sepuluh program pokok PKK dapat dilaksanakan", jelasnya. 
Febrita Lustia juga berpesan, agar dalam pelaksanaan program PKK, dapat menggandeng dan bekerja sama dengan organisasi wanita lainnya.
Mengingat saat ini banyak kasus penyakit menular terjadi pada anak.
TP PKK kabupaten Lahat diminta dapat berperan aktif dengan memberikan penyuluhan melalui posyandu dan dasawisma PKK. 
Sementara, Bupati Lahat Marwan Mansyur mengatakan pelantikan Ketua TP PKK kabupaten Lahat memang sesuai aturan dan harus dilaksanakan, meskipun masa jabatan yang tersisa tinggal beberapa bulan. 
Marwan menambahkan selama ini program kerja pemerintahan kabupaten Lahat berjalan dengan baik berkat dukungan para ibu PKK dan Dharma Wanita.
"Alhamdulillah roda pemerintahan kabupaten Lahat berjalan dengan baik. Ini semua tak lepas dari dukungan dan peran para ibu PKK dan Dharma Wanita", jelasnya. 
Marwan mengungkapkan program kerja kabupaten Lahat akan bersinergi dan mendukung program pemerintahan HDMY. 
Marwan pun berharap  Ketua TP PKK kabupaten Lahat dapat menyelesaikan sebaik-baiknya program PKK sejak 2013 hingga 2018 dalam sisa masa jabatan yang singkat ini. 
# Jadikan Produk Lokal Sebagai Unggulan
Usai melakukan kunjungan kerja dan melantik Ketua TP PKK Lahat Suharyanti Marwan,  Ketua TP PKK Sumsel Febrita Deru bersama Wakil Ketua TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya, meneruskan rangkaian kunjungan kerja ke Kota Pagaralam. 
Di Kota Pagaralam, rombongan ini disambut Ketua TP PKK Pagaralam Rachma Hareni Noor bersama Wakil Ketua TP PKK Pagaralam Rachma Munto Via Ningrum.
Kesempatan itu dimanfaatkan keduanya untuk memperkenalka  diri pada PKK se-kecamatan dan se-kelurahan Pagaralam, sekaligus membahas mengenai program kerja PKK ke depan. 
Pada kesempatan ini, keduanya mencicipi dan menikmati sejumlah kopi seperti kopi lanang robusta, kopi lokal asli Pagaralam serta meninjau stand yang menampilkan produk lokal hasil karya para ibu PKK Pagaralam, seperti keripik dan manisan tomat. 
Selanjutnya kegiatan kunjungan kerja PKK Sumsel ke Pagaralam juga diisi dengan agenda silaturahmi bersama seluruh pengurus PKK tingkat kecamatan dan Kelurahan di Pagaralam bertempat di pendopoan Walikota Pagaralam, pada Selasa malam (30/10).
Pada ajang silaturahim tersebut, Febrita Deru meminta agar produk lokal hasil karya TP PKK Pagaralam dapat menjadi produk unggulan dan berdaya saing.
"Ada produk kerajinan lokal dari Pagaralam yang dapat dijadikan unggulan dan dapat ditonjolkan sebagai produk yang berasal dari Pagaralam. Batik Pagaralam dengan motif biji kopi atau motif huruf ulu bisa menjadi unggulan", kata mantan Ketua TP PKK OKU Timur. 
Menurut Febrita tidak hanya produk tekstil, produk makanan seperti manisan tomat juga dapat menjadi unggulan produk makanan dari Pagaralam.
"Manisan tomat dapat menjadi produk unggulan, dengan memperbaiki kemasan dan kualitasnya, bisa menjadi produk yang memiliki daya saing",ujarnya. 
Diapun mengimbau jika Pagaralam memiliki produk lokal yang menjadi ciri khas dan unggulan, produk tersebut dapat diikutsertakan pada ajang pameran baik di tingkat provinsi ataupun nasional.
Selama ini nilainya meskipun Pagaralam menghasilkan biji kopi terbaik, kerap kali orang lebih mengenal kopi asal Pagaralam sebagai kopi Semendo atau kopi Lampung.
Bahkan produk makanan seperti aneka keripik, kerupuk, lempok pun sudah tergolong biasa dan dapat dijumpai di sejumlah daerah lainnya. 
Untuk itu, di bawah kepemimpinan Ketua TP PKK Pagaralam Rachma Hareni Noor yang baru dilantik pada 18 September lalu, Febrita Deru berharap PKK Pagaralam dapat berjalan lebih sukses dan maju serta mampu menjadi motivator bagi para ibu di kota Pagaralam. 
Sementara itu, Ketua TP PKK Pagaralam Rachma Hareni Noor menyambut baik kedatangan Ketua dan Wakil Ketua TP Sumsel, Febrita Deru - Fauziah Mawardi Yahya pada kunjungan kerja di Pagaralam. 
Rachma Hareni Noor mengaku akan terus belajar dan mensinergikan program PKK Pagaralam dengan program PKK Sumsel meski dirinya baru saja dilantik pada bulan lalu dan tergolong awam tentang PKK.
"Saya akan berupaya untuk terus belajar mengenai PKK, meskipun baru dilantik sebagai Ketua TP PKK Pagaralam, sebab selama ini lebih banyak bergelut di sektor swasta", jelasnya. 
TP PKK Pagaralam akan terus melanjutkan program kerja lama dan sedang menyusun program kerja 2019.
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved