Herman Deru Ingatkan Jangan Semena-mena Mengelola Lahan Gambut, Siapkan Perda Khusus

Mengantisipasi pengelolaan lahan gambut yang semena-mena oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, Gubernur Sumsel Herman Deru

Herman Deru Ingatkan Jangan Semena-mena Mengelola Lahan Gambut, Siapkan Perda Khusus
IST
Herman Deru Ingatkan Jangan Semena-mena Mengelola Lahan Gambut, Siapkan Perda Khusus 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Mengantisipasi pengelolaan lahan gambut yang semena-mena oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, Gubernur Sumsel Herman Deru berinisiatif membuatkan Perda khusus.

Hal itu diungkapkan HD saat membuka Rapat Koordinasi Pelaksanaan Restorasi Gambut Provinsi Sumsel TA 2018, di The Zuri Hotel, Senin (29/10).

"Kita ini mahluk yang punya kontribusi pada kerusakan gambut dan rawa karena pemanfaatan yang kita lakukan beda dengan nenek moyang kita dulu."

"Agar kita bisa memanfaatkan gambut dengan cara terhormat saya akan buatkan Perda yang mengatur pemanfatan lahan gambut," tegas HD.

Menurut HD Perda ini penting agar rawa yang identik dengan lahan gambut di Sumsel bisa dikelola secara terhormat.

Diapun optimis Perda ini akan sangat bermanfaat.

"Sewaktu jadi Bupati saya satu-satunya Bupati yang mendapat Bintang Jasa Pratama dari Presiden karena membuat Perda alih fungsi."

"Bukan ingin mendapat pujian tapi inilah wujud kecintaan saya pada petani dan alam agar lahan gambut tidak semena-mena dikelola jadi tempat bisnis," ujarnya.

Lebih jauh kata HD, Sumsel sebagai daerah penghasil pangan jelas membutuhkan ekstensifikasi dan ini tentu menambah fungsi rawa yang banyak di Sumsel mencapai 1.4 juta hektare.

Untuk itu HD berharap masyarakat bijak dalam mengelola lahan gambut.

Halaman
123
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved