Pilpres 2019

Jokowi Pakai Pesawat Kepresidenan Saat Kampanye, KPU : Naik Kijang, Keamananya Bagaimana ?

Presiden petahana Joko Widodo harus mengambil cuti kampanye pada saat melakukan kampanye dalam kapasitas dirinya sebagai calon presiden

Jokowi Pakai Pesawat Kepresidenan Saat Kampanye, KPU : Naik Kijang, Keamananya Bagaimana ?
Tribunnews.com
Presiden Joko Widodo menaiki pesawat kepresidenan usai transit selama satu jam di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blangbintang, Aceh Besar, Senin (22/5/2017). Sebelum kembali ke Jakarta Presiden Joko Widodo singgah (transit) selama satu jam di Bandara SIM dalam perjalanan pulang dari Riyadh, Arab Saudi. SERAMBI/M ANSHAR 

TRIBUNSUMSEL.COM - Presiden petahana Joko Widodo harus mengambil cuti kampanye pada saat melakukan kampanye dalam kapasitas dirinya sebagai calon presiden di Pilpres 2019.

Namun, fasilitas negara, meliputi pengamanan, kesehatan, dan protokoler tetap diperoleh dan dilakukan sesuai dengan kondisi lapangan secara profesional dan proporsional. 

Baca: Hengky Kurniawan Dikritik Usai Bawa Anak dan Istri saat Dinas, Begini Klarifikasinya

Pernyataan itu disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Wahyu Setiawan.

Baca: Piala Asia U-16 : Prediksi dan Live Streaming Indonesia vs India Kamis (27/9), Syarat Perempat Final

"Sehingga pada saat petahana presiden kampanye, maka hak protokoler, hak keamanan, kesehatan, itu melekat. Jadi sedetikpun jabatan presiden itu tak bisa dipindahtangankan," kata Wahyu, Selasa (25/9/2018). 

Baca: Konflik Hilda Vitria dan Kriss Hatta Berlanjut, Video Lamanya Tersebar, Hilda Akhirnya Buka Suara

Dia menjelaskan, cuti kepala daerah untuk mengikuti pilkada dan cuti kepala negara untuk mengikuti pilpres berbeda. Apabila cuti pilkada, kepala daerah petahana tidak dapat menggunakan fasilitas. 

Namun, kata dia, berbeda dengan presiden petahana . Sebab, menurut dia, pada waktu bersamaan, petahana presiden sekaligus calon presiden. 

Dia menilai, masyarakat perlu diberikan penjelasan untuk membedakan kapan presiden itu melaksanakan tugas sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, kapan presiden itu sebagai capres.

"Memang berdasarkan undang-undang memang seperti itu. Jadi, petahana presiden diperlakukan sesuai undang-undang. Ini sudah terjadi saat pemilu 2009. Jadi bukan hal baru," ujarnya. 

Sedangkan untuk penggunaan pesawat kepresidenan, dia menambahkan, KPU RI akan merujuk kepada Peraturan Pemerintah yang mengatur pemanfaatan sarana milik negara. 

"Kalau memang pengamanan presiden standarnya menggunakan pesawat, ya berarti diperbolehkan. Kan tidak mungkin misalnya presiden kampanye naik Kijang, aspek keamananya bagaimana?" tambahnya.

Sebelumnya muncul polemik mengenai rencana penggunaan pesawat kepresidenan untuk kegiatan kampanye Presiden Joko Widodo. 

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon menyatakan Presiden Joko Widodo tak boleh menggunakan pesawat kepresidenan saat berkampanye.

Sebab, kata Fadli, pesawat kepresidenan hanya boleh digunakan Jokowi saat menjalankan tugas kepresidenan, bukan sebagai capres.  

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul KPU: Jokowi Boleh Pakai Pesawat Kepresidenan untuk Keperluan Kampanye, http://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2018/09/26/kpu-jokowi-boleh-pakai-pesawat-kepresidenan-untuk-keperluan-kampanye.

Editor: Siemen Martin
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved