Asian Games 2018

UPDATE Indonesia Koleksi 6 Emas, Cabor Debutan Paralayang di Asian Games 2018 Tambah 1 Emas

Prestasi ini diraih oleh tim beregu Paralayang yang beranggotakan Hening Paradigma, Thomas Widyananto, Rony Pratama, Jafro Megaranto

UPDATE Indonesia Koleksi 6 Emas, Cabor Debutan Paralayang di Asian Games 2018 Tambah 1 Emas
Antara Foto/ Inasgoc/ Tagor Siagian
Suasana lokasi lepas landas cabang Paralayang Asian Games 2018 di Gunung Mas, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/8). 

TRIBUNSUMSEl.COM-Pundi-pundi emas Indonesia di Asian Games 2018 terus bertambah. Kontingen Indonesia kali ini mendapat tambahan emas ke 6 dari cabang olahraga paralayang untuk nomor ketepatan mendarat beregu putra, Rabu (22/8/2018).

Prestasi ini diraih oleh tim beregu yang beranggotakan Hening Paradigma, Thomas Widyananto, Rony Pratama, serta Jafro Megaranto.

Sukses tersebut sekaligus menambah pundi-pundi emas kontingen Merah Putih yang sebelumnya disumbang Defia Rosmaniar (taekwondo), Lindswell Kwok (wushu), Tiara Andini (sepeda downhill), Khoiful Mukhib (sepeda downhill), serta Eko Yuli Irawan (angkat besi).

Baca: Becak Gratis ke Palembang Icon dan PS Mal Bagi Pemilik Aplikasi Grab

Pada cabang paralayang untuk nomor ketepatan mendarat beregu putri, tim Indonesia yang beranggotakan Rika Wijayanti, Ike Ayu Wulandari, dan Eka Nesti Wulandari finis di peringkat kedua alias meraih medali perak.

Adapun paralayang merupakan cabang olahraga debutan Asian Games pada edisi 2018. Cabang ini merupakan usulan dari tuan rumah Indonesia selain bridge, jetski, dan pencak silat.

Dengan tambahan emas dari paralayang, kontingen Merah Putih sekaligus menyamai prestasi terbaik di Asian Games selama 36 tahun terakhir.

Baca: Bupati OKU Kuryana Aziz Sampaikan Kabar 338 Jemaah Haji OKU Dalam Keadaan Sehat

Sejak Asian Games 1982 di New Delhi, raihan emas kontingen Indonesia nyaris selalu mentok di angka 4. Satu-satunya pengecualian terjadi pada Asian Games 1998 di Bangkok.

Ketika itu, tim Merah Putih berhasil membawa pulang enam medali emas, 10 perak, serta 11 perunggu.

Medali emas Indonesia kala itu berasal dari pelari putri Supriati Sutono (5 ribu meter), tim bulutangkis putra, Ricky Subagja dan Rexy Mainaky di nomor ganda putra bulutangkis, karateka putra Arief Taufan Syamsudin, serta pelayar Oka Sulaksana.

Baca: Petugas Dinas Kebersihan : Setiap Tahun Seperti Ini, Sampah Koran Berserakan

Sepanjang keikutsertaan di Asian Games, prestasi terbaik Indonesia adalah total 11 emas saat menjadi tuan rumah pada edisi 1962.

Setelahnya, Indonesia bisa membawa pulang 9 emas pada Asian Games 1970, total 8 emas pada Asian Games 1978, serta 7 emas pada Asian Games 1966.

Baca: Via Vallen Posting Foto Pakai Mukena Saat Shalat Idul Adha 2018, Pipi Via Vallen Jadi Sorotan

Ketiga edisi Asian Games yang disebut terakhir berlangsung di Bangkok, Thailand.

Editor: Wawan Perdana
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved