Berita Mura

583 Orang di Musi Rawas Mengalami Gangguan Jiwa, Terbanyak di Puskesmas Muara Beliti

Yang tidak mampu ditangani di Puskesmas terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit Ernaldi Bahar Palembang untuk penangan lebih lanjut

583 Orang di Musi Rawas Mengalami Gangguan Jiwa, Terbanyak di Puskesmas Muara Beliti
Tribun Sumsel/ Eko Hepronis
Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (P2PTM dan Keswa) Nasrul Bayumi

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis.

TRIBUNSUMSEL.COM,MUSIRAWAS-Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas (Mura) mencatat sebanyak 583 orang di Kabupaten Mura mengalami gangguan jiwa.

Dari 583 penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) tersebut. Sebanyak 490 orang mengalami ODGJ berat dan 18 orang diantaranya terpaksa harus di pasung.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (P2PTM dan Keswa) Nasrul Bayumi mengatakan, sebanyak 583 ODGJ itu berdasarkan pendataan dari awal bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2018.

Baca: Pemkot Prabumulih Siapkan Rp 3 Miliar Bayar Uang Lelah 1.345 Pegawai Harian Lepas

"583 OGJ itu tersebar di 14 Kecamatan Kabupaten Mura," ungkapnya saat dibincangi Tribunsumsel. Com. Jumat (27/07).

Ia menuturkan dari 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Mura terbanyak ada di Puskesmas Muara Beliti dengan 63 Kasus, Kemudian C Nawang Sasi 47 kasus, Sumber Harta 44 kasus, Muara Kelingi 40 kasus.

Lalu Cipto Dadi 37 kasus, Mangun Harjo 34 kasus, Pian Raya 33 kasus, Sido Harjo 32 kasus, Megang Sakti 30 kasus, Cecar 30 kasus, Air Beliti 28 kasus, Jaya loka 27 kasus, Trawas 23 kasus, Selangit 23 kasus, Muara Kati 21 kasus.

"Lalu tiga terendah yakni Sungai Bunut 19 kasus, Karya Sakti 15 Kasus, dan Kelingi 4C 13 kasus," papar Nasrul.

Nasrul mengatakan sepanjang tahun 2018 yang tidak mampu mereka tangani di Puskesmas terpaksa harus dirujuk ke Rumah Sakit Ernaldi Bahar Palembang untuk penangan lebih lanjut

"Tahun ini kurang lebih ada 9 kasus, sisanya kita tangani sendiri melalui obat-obatan dan suntik dimasing-masing Puskesmas," ujar Nasrul.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved