Caleg 2019

Pileg 2019 Sistem Coblos, Hanya Nama Lengkap Tidak Pakai Foto Calon

Semua caleg memiliki peluang sama dalam persaingan untuk menduduki kursi DPRD OKU. Semua nomor urut memiliki keberuntungan

Pileg 2019 Sistem Coblos, Hanya Nama Lengkap Tidak Pakai Foto Calon
Tribun Sumsel/ Retno Wirawijaya
Ketua KPU OKU, Naning Wijaya 

TRIBUNSUMSEL.COM, BATURAJA – Untuk menyalurkan hak suara pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang menggunakan sistem coblos. Dengan demikian Pemilih cukup mencoblos satu pilihan caleg atau partai politik saja, yang ada dalam surat suara.

“Pada Pileg 2019 mendatang menggunakan sistem coblos,” jelas Ketua KPU OKU, Naning Wijaya ST saat dikonfirmasi Tribun Sumsel, Selasa (24/7).

Naning menjelaskan, untuk surat suara Calon Anggota DPRD OKU, nantinya ada lambang partai politik dan hanya ada nomor urut dan nama lengkap caleg sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)/identitas saat mendaftar ke KPU, bukan nama panggilan. Surat suara tidak dilengkapi dengan foto atau gambar caleg.

Baca: Tiba-tiba Ichsan Kurniawan Mendapat Perawatan di Jakarta, Seberapa Parah Cideranya ?

“Hanya nomor urut dan nama caleg saja yang ada. Kecuali untuk kertas surat suara untuk DPD dan Capres dan Cawapres, selain nomor urut dan nama akan dilengkapi dengan foto atau gambar calon,” jelasnya.

Disinggung apakah nomor urut akan mempengaruhi perolehan suara kata Naning, hal itu tidak mempengaruhi. Semua caleg mulai nomor urut 1 hingga seterusnya ke bawah memiliki peluang yang sama.

Sebab suara partai bukan kembali ke pada caleg sesuai nomor urut, melainkan kembali kepada caleg yang memperoleh suara terbanyak dalam partai tersebut.

“Jadi semua caleg memiliki peluang yang sama dalam persaingan untuk menduduki kursi DPRD OKU. Semua nomor urut memiliki keberuntungan,” jelasnya.

Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved