Berita Politik

Badan Penanaman Modal Prediksi Pemilu 2019 Buat Investasi Melambat

Pelaksanaan pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden 2019 menyebabkan semakin banyak pengusaha yang menunggu alias wait and see

Badan Penanaman Modal Prediksi Pemilu 2019 Buat Investasi Melambat
shutterstock

TRIBUNSUMSEL.COM - Realisasi investasi atau penanaman modal langsung di Tanah Air diperkirakan melambat hingga tahun depan.

Pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) legislatif dan pemilihan presiden (Pilpres) 2019 menyebabkan semakin banyak pengusaha yang menunggu alias wait and see.
Sedangkan tahun ini pengusaha sudah menunda investasi karena perekonomian yang tertekan.

Baca: Setelah Disindir Fatin, Iis Dahlia Sebut Anak ini Harus Dididik Sopan Santun

Baca: Anggota Komisi III DPRI Desak Menkumham Jelaskan ke Publik Terkait Suap Kalapas Sukamiskin

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Trikasih Lembong mengatakan, siklus pertumbuhan investasi selalu melambat pada tahun politik.

Pengusaha cenderung menunda berinvestasi sambil menunggu hasil Pemilu.
Pasalnya, hasil pemilu akan mempengaruhi kebijakan pemerintah dalam 5 tahun mendatang, termasuk dari sisi bisnis dan kegiatan ekonomi lainnya.

"Bila dilihat dari siklus 20 tahun terakhir sudah pasti tiap memasuki tahun pemilu akan ada slowdown, akan terjadi perlambatan domestik maupun internasional. Ini adalah hal yang lumrah dan wajar," katanya usai melantik sejumlah pejabat di BKPM, beberapa waktu lalu.

Sesuai data BKPM, realisasi investasi pada tahun 2014 hanya tumbuh 16,18 persen year on year (yoy).

Baca: Ingin Berkarir di Dunia Penerbangan? Citilink Buka Lowongan Minimal Tamat SMA, Cek di Sini

Itu merupakan pertumbuhan terendah sejak tahun 2010 (lihat tabel). Lalu saat pemilu 2009, investasi malah turun 12,28 persen dari setahun sebelumnya.

Untuk tahun 2019, Tom enggan meramalkan penurunan investasi yang terjadi. Namun, bukan tidak mungkin kondisi tahun 2009 terulang tahun depan. Investasi akan tumbuh negatif karena selain efek tahun politik juga ekonomi tertekan faktor eksternal.

Apalagi tanda-tanda pelambatan investasi juga terlihat pada tahun ini. Pada triwulan I-2018, realisasi investasi hanya tumbuh 11,76 persen yoy, paling rendah dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Artikel ini telah tayang di Kontan dengan judul "Pemilu membuat investasi 2019 melambat"
https://nasional.kontan.co.id/news/pemilu-membuat-investasi-2019-melambat

Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved