Berita Musirawas

Ratusan Rumah Terendam Di Desa Sukamana dan Desa Sukamerindu.

Akibatnya 138 rumah warga di dua desa tersebut terendam banjir. 20 KK berada didesa di dusun 2 Desa Sukamana. Sementara

Ratusan Rumah Terendam Di Desa Sukamana dan Desa Sukamerindu.
TRIBUNSUMSEL.COM/EKO HEPRONIS

TRIBUNSUMSEL. COM,  MUSIRAWAS --Tingginya intensitas hujan sepekan terakhir di Kabupaten Musi Rawas (Mura) membuat Desa Sukamana dan Desa Sukamerindu,  Kecamatan STL Ulu Trawas terendam banjir. 

Akibatnya 138 rumah warga di dua desa tersebut terendam banjir. 20 KK berada didesa di dusun 2 Desa Sukamana. Sementara 78 KK berada di Dusun 1dan 40 KK berada di Dusun 4 Desa Sukamerindu. 

Banjir di Desa Sukamana disebabkan oleh meluapnya sungai Dulu, ketinggian air saat ini mencapai 60 Cm atau sepaha orang dewasa. 

Sedangkan banjir di dusun 1 dan dusun 4 Desa Sukamerindu  disebabkan oleh meluapnya sungai Lakitan, bahkan ditempat ini ketinggian air mencapai 1 meter lebih. 

"Pertama kali air masuk ke rumah-rumah penduduk kemarin sore saat hujan deras,  kemudian malamnya air makin tinggi," ujar Roma Irama pada Tribunsumsel.Com, Selasa (29/05/2018).

Roma menuturkan bukan hanya merendam rumah-rumah warga akibat banjir itu juga saat ini aktivitas warga lumpuh total.  Namun warga tidak mengungsi dan tetap memilih bertahan dirumah masing-masing. 

"Banjir ini banjir tahunan, jadi warga tidak ada yang mengungsi, namun aktivitas saat ini seperti menyadap karet sementara tidak bisa dilakukan, karena akses jalan keluar desa maupun ke kebun terendam," tutur Roma. 

Roma juga mengaku sudah meminta bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Baarnas untuk melakukan pendataan di dua desa tersebut. 

"BPBD sudah turun saya berharap Pemkab segera mengirimkan bantuan baik bantuan kesehatan maupun bantuan makanan kepada warga," ungkap Roma. 

Sementara Kepala BPBD Kabupaten Mura Paisol mengaku sudah melakukan kaji cepat mengenai kejadian banjir di Desa Sukamana dan Desa Sukamerindu. 

"Hasil kaji cepat Tim TRC BPBD Kabupaten Mura pertama melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk mendirikan posko kesehatan sesuai permintaan Kepala Desa Setempat," ujar Paisol

Kemudian yang kedua BPBD Mura juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk mendata jumlah KK yang terdampak Banjir dan akan segera menurunkan bantuan logistik. 

"Setelah selesai pendataan dalam waktu dekat bantuan itu akan segera kita salurkan," ujar Paisol.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved