Berita Musirawas

17 Ribu Orang Warga Musi Rawas Terima Bantuan PKH

Penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Musi Rawas (Mura) sampai saat ini masih

17 Ribu Orang Warga Musi Rawas Terima Bantuan PKH
ILUSTRASI
Kartu Keluarga Sejahtera - Program Keluarga Harapan 

Laporan wartawan Tribunsumsel. Com, Eko Hepronis.

TRIBUNSUMSEL.COM, MUSIRAWAS -- Penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Musi Rawas (Mura) sampai saat ini masih terkendala masalah proses pencairan.

Pasalnya, proses pencairannya harus melalui mesin ATM yang telah ditentukan. Namun tidak semua kecamatan di Kabupaten Mura mempunyai ATM yang telah ditetapkan itu.

"Kendalanya sejauh ini ada pada masalah pencairan," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mura Agus Susanto pada Tribunsumsel.Com, Kamis (10/05).

Agus mengungkapkan penyelanggara pencairan dana PKH saat ini dilaksanakan oleh Himpunan Bank Negara (HIMBARA), untuk Kabupaten Mura proses pencairan dilakukan di Bank Mandiri.

"Kelemahan Bank Mandiri ini tidak semua unit kecamatan ada, akhirnya dari pihak Bank beberapa kecamatan harus digabungkan jadi satu. Sehingga harus mengeluarkan uang tambahan dan waktu," ungkap Agus.

Sementara untuk penerima manfaat PKH di Kabupaten Mura tahun 2018 mengalami peningkatan yang cukup besar bila dibanding talu lalu. Tahun ini penambahannya sebanyak 9000 penerima manfaat.

"Awalnya yang dapat itu 8000 orang, namun setelah diverifikasi oleh petugas PKH banyak yang tidak dapat, karena tidak sesuai kriteria.

Bila dijumlahkan seluruh penerima PKH di Kabupaten Mura saat ini sekitar 17.000 penerima manfaat," ujar Agus.

Hanya saja, Agus menegaskan bertambahnya jumlah PKH di Kabupaten Mura bukan berarti jumlah masyarakat miskin mengalami peningkatan. Namun karena alokasi anggaran untuk PKH itu mengalami penambahan kuota.

"Masyarakat saat ini banyak belum tahu. Taunya mereka ketika mengambil duit dari Bank adalah masyarakat miskin,

namun tidak demikian karena PKH untuk membantu program pendidikan dan kesehatan,"ucapnya.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Melisa Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved