Berita Prabumulih

Jadi Biang Macet, Dewan Minta Parkir Mobil Sepanjang Pasar Prabumulih Diubah Vertikal

Semrawutnya parkir di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman khususnya di pasar Prabumulih, terus menjadi

Jadi Biang Macet, Dewan Minta Parkir Mobil Sepanjang Pasar Prabumulih Diubah Vertikal
Tribunsumsel.com/Edison
Jadi Biang Macet, Dewan Minta Parkir Mobil Sepanjang Pasar Prabumulih Diubah Vertikal 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Edison Bastari

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Semrawutnya parkir di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman khususnya di pasar Prabumulih, terus menjadi perhatian jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Prabumulih.

Panitia khusus (Pansus) I yang membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota Prabumulih tahun anggaran 2017 merekomendasikan agar Pemerintah kota Prabumulih melalui dinas Perhubungan melakukan tindakan.

"Sepanjang Jalan Jenderal Sudirman pasar Prabumulih selalu menjadi biang titik kemacetan seriap tahun apalagi ketika ramadan dan arus mudik, hendaknya pemerintah melalui Dishub memberikan langkah dalam mengatasi hal itu," ungkap Hartono Hamid ketika menyampaikan rekomendasi pansus terkait LKPj walikota dalam paripurna di DPRD Prabumulih, Senin (30/4/2018).

Hartono mengatakan, jika selama ini parkir kendaraan khususnya mobil dengan posisi horizontal, hendaknya kedepan dilakukan perubahan menyilang 45 drajat atau vertikal sehingga membuat jalan menjadi luas. "Kalau kondisi saat ini, jalan menjadi sempit karena parkir mobil menjadi berlapis. Harapan dikembalikan ke posisi 45 derajat sehingga tidak menimbulkan kemacetan khususnya ketika ramadan dan arus mudik atau balik lebaran mendatang," harapnya.

Menanggapi rekomendasi Pansus I tersebut, Kepala Dinas Perhubungan, Drs Mulyadi Musa MM mengatakan, memang pemerintah telah merencanakan upaya mengatasi kemacetan di jalan jenderal sudirman tepatnya di depan Pasar Prabumulih.

"Kita telah melakukan koordinasi dengan semua pihak dalam rangka mengatasi kemacetan di titik tersebut, salah satu upaya kita lakukan dengan menjadikan lahan di belakang PTM I menjadi parkir motor," katanya.

Mulyadi menuturkan, setelah parkir motor di belakang PTM I aktif sebelum ramadan mendatang, maka parkir kendaraan khususnya roda empat akan rapi tidak membuat jalan menjadi sempit. "Nanti seluruh parkir motor radius beberapa meter akan masuk ke belakang PTM dan parkir mobil akan tertib," lanjutnya.

Disinggung terkait permintaan dewan mengubah parkir menjadi vertikal, Mulyadi mengatakan jika memang hal itu bisa mengatasi kemacetan tentu akan dilakukan namun akan dikoordinasikan ke semua pihak dan menunggu perintah walikota.
"Tentu akan kita koordinasikan dahulu, tentu kita menunggu petunjuk pimpinan namun jelasnya kendaraan akan kita tertibkan agar tidak menyebabkan kemacetan," terangnya.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Prabumulih, AKP Nofrizal ketika dibincangi mengatakan pihaknya memang akan menertibkan parkir-parkir di kawasan pasar sehingga rapi dan tidak mengganggu arus lalulintas. "Kita terus berkoordinasi dengan semua pihak, pastinya kita akan berupaya agar di titik jalan tersebut terhindar dari kemacetan," katanya.

Pantauan Tribunsumsel.com di lapangan, kondisi parkir kendaraan khususnya roda empat di sepanjang jalan Jenderal Sudirman pasar Prabumulih selalu berlapis. Selain berlapis di bagian pinggir jalan selalu ada parkir sepeda motor, kondisi itu membuat sepanjang jalan hanya bisa digunakan satu ruas sementara sisanya menjadi lahan parkir. (eds).

Penulis: Edison
Editor: Melisa Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved