Palembang

Lawan Hoax, Kominfo Sumsel Minta Masyarakat Cerdas Lakukan Antisipasi Ini,Cukup Lapor Kesini!

Semakin berkembangnya teknologi dan cepatnya informasi yang menyebar ke masyarakat, berakibat marakny

Lawan Hoax, Kominfo Sumsel Minta Masyarakat Cerdas Lakukan Antisipasi Ini,Cukup Lapor Kesini!
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Semakin berkembangnya teknologi dan cepatnya informasi yang menyebar ke masyarakat, berakibat maraknya info atau berita yang langsung ditela tanpa dicari kebenaranya atau yang sering disebut berita hoax.

Menyikapi hal tersebut Plt Kepala Kominfo Sumsel, Inanda Karina saat dikonfirmasi, Senin (19/3/2018) mengatakan, masyarakat harus cerdas menyikapi info atau berita yang beredar. Jangan langsung ditelan mentah-mentah tapi cari dulu kebenaranya.

"Kalau masyarakat ragu akan kebenaran info yang beredar bisa bertanya melalui akun media sosial kami baik facebook maupun instagram di KominfoSumsel Anti Hoax. Silakan buka media sosial kominfo tersebut, di sana kami juga posting berita-berita yang mana hoax yang mana yang benar," ujarnya.

Pjs Kepala Kominfo Sumsel

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa Kominfo sangat memerangi berita hoax. Hoax kan artiny berita tersebut bohong. Dunia maya ini sangat berbahaya loh, bahkan bisa menjatuhakan orang lain melalui isu yang negtaif dan bisa berakibat kekriminal.

"Kamipun melakukan sosialisasi ke masyarakat mengenai bahayanya berita hoax. Karena kewenangan kami terbatas maka untuk pemblokiran tidak bisa kami lakukan, itu kewenangan pusat. Namun kedepanya kami akan banyak melakukan kegiatan untuk memerangi hoax ini," bebernya.

Dari pemerintahpun sudah ada satgas medsos. Jadi ada yang memantau berita-berita hoax. Namun tidak semua hal bisa dipantau, jadi kalau masyarakat mau melaporkan bisa ke media sosial KominfoSumsel Anti Hoax. Kedepannya juga akan dibuatkan web khusus untuk siber.

Tags
hoax
Sumsel
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Mochamad Krisnariansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved