Banyak PAUD di Palembang Belum Akreditasi, Ternyata Bisa Via Online, ini Syaratnya

banyak keuntungan yang didapatkan jika PAUD ini sudah berakreditasi. Diantaranya yakni mutu pendidikan sudah terjamin

Banyak PAUD di Palembang Belum Akreditasi, Ternyata Bisa Via Online, ini Syaratnya
ISTIMEWA
Anak-anak PAUD (foto ilustrasi) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG --  Masih minimnya jumlah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berakreditasi B menjadi perhatian bagi Dinas Pendidikan Kota Palembang.

Tercatat dari total 646 lembaga PAUD di kota Palembang hanya sekitar 20 persen terakreditasi B sedangkan sisanya lagi masih belum meningkatkan akreditasinya.

Dari 646 lembaga PAUD ini terdiri dari 319 Taman Kanak-Kanak dan 327 Kelompok Bermain (KB).
Karena itu, di tahun ini Disdik kota Palembang bakal menargetkan 300 Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus sudah berakreditasi.

"Target kita tahun ini akan meningkatkan akreditasi PAUD yang ada di kota Palembang," ujar Kabid PAUD dan Pendidikan Masyarakat Disdik Kota Palembang, Ismi Mulyati, Senin (5/3).

Dalam rangka meningkatkan akreditasi ini, Disdik pun akan melakukan sosialisasi pengajuan akreditasi secara online.

"Kita akan terus lakukan sosialisasi pendaftaran akreditasi secara online ini agar mempermudahkan pengurus PAUD dalam mengajukan peningkatan akreditasi," jelas dia.

Ismi mengatakan banyak keuntungan yang didapatkan jika PAUD ini sudah berakreditasi. Diantaranya yakni mutu pendidikan sudah terjamin dan akan mudah mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

Untuk mendapatkan akreditasi ada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang harus dipenuhi, yakni standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan serta standar penilaian pendidikan.

“Kita himbau agar PAUD mengejar akreditasi. Kita juga akan melakukan sosialisasi pengajuan akreditasi secara online minggu depan," jelasnya.(rie)

Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Lisma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved