Apa Benar Mayat Manusia Dipakai untuk Bahan Praktikum Mahasiswa Kedokteran? Ini Faktanya

Kadaver (mayat manusia yang telah diawetkan) bukan istilah asing bagi Ali (nama samaran), meski ia tak berkuliah di fakultas kedokteran (FK).

Apa Benar Mayat Manusia Dipakai untuk Bahan Praktikum Mahasiswa Kedokteran? Ini Faktanya
ISTIMEWA
Ilustrasi Mayat 

TRIBUNSUMSEL.COM - Kadaver (mayat manusia yang telah diawetkan) bukan istilah asing bagi Ali (nama samaran), meski ia tak berkuliah di fakultas kedokteran (FK). Ali saat ini masih menempuh perkuliahan di Fakultas Ilmu Keperawatan di sebuah kampus di Semarang.

"Mayat yang telah diawetkan dan dipakai untuk pembelajaran anatomi mahasiswa kedokteran atau sering disebut kadaver itu, informasinya harganya memang mahal," kata Ali.

Disampaikan, berdasarkan informasi yang beredar, harga satu kadaver bisa mencapai Rp10 juta-Rp 20 juta. Namun, saat disinggung dari mana dan bagaimana proses membeli kadaver tersebut, ia tak mengetahui secara pasti.

"Kalau sejauh itu, saya tak tahu seluk-beluknya seperti apa," ucapnya. 
Menurut dia, mahasiswa kedokteran sudah menggunakan kadaver untuk proses pembelajaran anatomi. Pada tahap ini, katanya, kadaver sepenuhnya disediakan oleh kampus.

Sementara, untuk dokter yang menempuh koas (asisten dokter) maupun yang sedang menempuh pendidikan spesialisasi, mereka harus menyediakan kadaver sendiri. Memang, tidak secara individu, melainkan urunan atau patungan untuk digunakan satu kelompok.

"Satu kelompok berisi antara enam-sepuluh orang," ucapnya.

Hal berbeda disampaikan oleh Sammy (nama samaran) mahasiswa Fakultas Kedokteran Unissula angkatan tahun 2000. Saat ini, ia telah menjadi seorang dokter dan berpraktik di sebuah klinik. Sammy juga praktik mandiri di kediamannya, di wilayah Kota Semarang.

"Kita nggak pernah beli-beli atau menyediakan mayat sendiri, memang ada mata perkuliahan yang menggunakan kadaver," katanya.

Baca: Kepulangan Rizieq Shihab dan Novel Baswedan ke Tanah Air, Begini Faktanya

Disampaikan, selama duduk di bangku kuliah, hanya ada satu mata kuliah yang membutuhkan kadaver untuk alat peraga yakni, mata kuliah anatomi 2, yang ditempuh pada semester kedua.

Halaman
1234
Editor: Kharisma Tri Saputra
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved