Pilkada Sumsel

Bawaslu Sumsel Ingatkan Plt Jaga Netralitas di Pilkada

Pelaksanaan Pilkada serentak di 9 Kabupaten/ kota plus tingkat provinsi se-Sumsel pada 2018 mendatang

Bawaslu Sumsel Ingatkan Plt Jaga Netralitas di Pilkada
Tribunsumsel.com/Arief Basuki Rohekan
Ketua Bawaslu Sumsel, Junaidi 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pelaksanaan Pilkada serentak di 9 Kabupaten/ kota plus tingkat provinsi se-Sumsel pada 2018 mendatang sebentar lagi dilaksanakan.

Dimana dari Pilkada tersebut, mayotias kepala daerah ditingkat kepala daerah di tingkat kabupaten/kota akan ditunjuk Pelaksana tugas (Plt), selama adanya kekosongan kepemimpinan di daerah.

Baca: Gelapkan Barang Toko, Pria di Lubuklinggau Diciduk Korban Rugi Hingga Puluhan Juta Rupiah

Tak dipungkiri, penunjukan Plt nanti akan ada kepentingan dari segelintir orang, untuk mengamankan dan memuluskan kandidat tertentu, agar meraih kemenangan dalam Pilkada.

Menyikapi hal tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel menyatakan, meskipun hal itu kewenangan mutlak Gubernur dan Mendagri, namun pihaknya berharap Plt yang ditunjuk, tidak memihak ke pasangan calon tertentu di Pilkada.

Baca: Wanita Cantik ini Unggah Foto Polos Dirinya Sebelum dan Sesudah Melahirkan, Wow Seksi

"Soal Plt itu merupaka hak dan kewenangan gubernur Sumsel dan Mendagri, siapapun itu asal memenuhi syarat yang ditetapkan silahkan saja," kata Ketua Bawaslu Sumsel, Junaidi, Kamis (1/2/2018).

Diterangkan Junaidi, Bawaslu tetap akan mengawasi Plt tersebut mengingat Plt selama ini dari ASN, dan kewenangannya sudah diatur diundang-undang.

Baca: Pilkada Serentak 2018, Ini Sikap Dewan Pers

"Jasi sepanjang sesuai aturan lanjut, namun jika ada pelanggaran kita follow up. Harapam kita Plt tetap tegak lurus netral," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Melisa Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved