300 Hektare Sawah Terandam Banjir karena Ulah Perkebunan Kelapa Sawit, Petani Terancam Gagal Panen

Menurutnya, banjir ini disebabkan karena buangan air dari salah satu perusahaan sawit di kawasan tersebut.

300 Hektare Sawah Terandam Banjir karena Ulah Perkebunan Kelapa Sawit, Petani Terancam Gagal Panen
Kompas/Rony Ariyanto Nugroho
Tanggul 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Defri

Tribunsumsel.com, Banyuasin - Gara-gara tanggul ditutup perusahaan sawit, sawah di tiga desa Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin terendam banjir.

Ada sekitar 300 hektare sawah yang sudah ditanami padi tenggelam, Selasa (24/10/2017).

Hal ini diungkapkan, Sudaryo, Kades Banjar Sari Kecamatan Pulau Rimau, menurutnya, banjir ini disebabkan karena buangan air dari salah satu perusahaan sawit di kawasan tersebut.

" Jadi awalnya air ini sudah banyak, ada perusahaan sawit yang membuang air ke sawah warga, kemudian ditutupnya. Saat hujan air tidak bisa mengalir dan menenggelamkan sawah warga," ceritanya saat dihubungi Tribunsumsel.com.

Padi warga yang baru ditanam di desa Banjar Sari, Buana Mukti dan Lubuk Lancang tenggelam gara-gara tanggul ditutup perusahaan sawit mengakibatkan air tidak bisa mengalir.
Padi warga yang baru ditanam di desa Banjar Sari, Buana Mukti dan Lubuk Lancang tenggelam gara-gara tanggul ditutup perusahaan sawit mengakibatkan air tidak bisa mengalir. (Tribunsumsel.com/Defri Irawan)

Akibat tanggul ditutup setidaknya ada 300 hektar sawah di tiga desa tenggelam diantaranya desa Banjar Sari, Desa Buana Mukti dan sebagian sawah warga desa lubuk lancang.

Sementara itu terkait masalah ini, Wakil DPRD Banyuasin, Askolani, cukup terkejut ada ratusan hektare sawah petani tenggelam gara-gara ulah perusahaan sawit yang menutup tanggul.

" Kami akan cek ke lapangan, jika memang terbukti kami akan minta perusahaan bertanggung jawab. Apalagi banyak petani yang dirugikan," tegasnya.

Penulis: Defri Irawan
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved