Breaking News:

Gen Mellennial

Begini Cara Memfoto Suatu Momen dengan Teknik Foto Jurnalistik, Dijamin Hasil Foto Kamu Jadi Menarik

Menggunakan kamera di smartphone juga bisa menghasilkan foto jurnalistik yang layak dipakai untuk di tampilkan di suatu surat kabar.

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Slamet Teguh Rahayu

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Tim Gen Mellennial Tribunsumsel dan Sriwijaya Post (Sripo) berkesempatan hadir di SMA Negeri 22 Palembang.

Dalam kesempatan ini, fotografer Tribunsumsel, MA Fadjri berkesempatan untuk mengisi acara tentang foto jurnalistik.

Menurut Fadjri, foto jurnalistik tak hanya sekedar memfoto suatu momen, namun foto jurnalistik harus menggunakan lima metode, yakni Entire atau mengambil suatu kejadian secara keseluruhan, Detail atau memilih suatu momen yang spesifik, Frame atau membingkai suatu kejadian, Angle atau sudut pandang foto, serta Time atau waktu.

"Jadi kita itu terus menerapkan metode ini atau istilah jika disingkat EDFAT, ini yang paling dasar," terangnya.

Fadjri mengatakan, foto jurnalistik juga tak melulu harus menggunakan kamera DSLR.

Namun dengan menggunakan kamera di smartphone juga bisa menghasilkan foto jurnalistik yang layak dipakai untuk di tampilkan di suatu surat kabar.

Sambil menunjukkan hasil jepretannya menggunakan kamera smartphone, Fadjri mengatakan, dalam memfoto menggunakan kamera smartphone, yang paling dasar ialah komposisi foto, sehingga akan menghasilkan foto yang bagus.

"Proporsi warna yang pas ditambah angle yang bagus, kamera smartphone bisa menghasilkan foto yang keren juga," ungkapnya.‎

Penulis: Slamet Teguh Rahayu
Editor: Hartati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved